Memprihatinkan Ratusan Masyarakat Magetan Terjerat Bank Plecit.

 

      ( Rugos atau Rudi / aktifis LSM LPK Wahana Hati Magetan ) 


Magetan, radarmerahputih.com – Keberadaan koperasi atau banyak masyarakat menyebutnya dengan bank Plecit ada juga yang meyebut bank titil ataupun bank suwek yang ada di Magetan mulai meresahkan terutama yang dari luar Kabupaten Magetan. Terindikasi puluhan Koperasi dari luar Magetan, dengan leluasa masuk Magetan dan berhasil menjerat puluhan bahkan ratusan nasabahnya.


Rudi Setiawan yang akrab dipanggil Rugos dari Lembaga Perlindungan Konsumen ( LPK) Wahana Lentera Hati mengatakan banyaknya bank bank keliling seperti itu sudah membuat resah bahkan ratusan warga sudah terjerat. Di 6 bulan terakhir Rugos membeberkan, jika masyarakat Magetan yang terjerat transaksi dengan Koperasi Luar Magetan yang terjerat Bank Plecit ini mencapai ratusan orang.


“Ada 35 nasabah sudah diselesaikan, terus yang 67 juga sudah selesai di akhir akhir ini,” ujar Rugos Rabu (8/3/2023). Dijelaskan, dari ratusan masyarakat Magetan yang terjerat pinjaman dengan Bank plecit/ suwek itu, tidak hanya kepada satu Bank Plecit saja, ada satu orang saja yang pinjam kepada puluhan Bank plecit.


“ Dari data yang masuk kemarin itu ada satu orang pinjam ke 67 koperasi atau Bank Suwek, terus juga ada 40 yang Bank Suwek,”ujarnya. Rugos sangat menyayangkan, masuknya banyak koperasi dari luar Magetan itu, karena pastinya akan mengganggu laju perekonomian di Kabupaten Magetan.


Bagaimana Magetan bisa maju, kalau masyarakat saja sudah sangat terbebani dengan para Bank Plecit seperti itu. Dengan LPK Wanatri, Rudi membuka pintu lebar lebar  untuk menerima pengaduan dan memberikan pendampingan kepada masyarakat yang terjerat.


“Ini sudah sangat meresahkan, kita akan terus melakukan pendampingan, dan kita berharap juga ada kerjasama dengan OPD terkait dengan regulasi agar bisa membatasi masuknya Bank plecit dari luar Magetan.” Peran pemkab Magetan atau OPD terkait sangat diperlukan untuk melindungi masyarakatnya dari jeratan bank Plecit,” tutup Rudi Setiawan.(ik)

Post a Comment

0 Comments