Pemdes Jetis Membangun RLTH Dari Progran BSPS

 



MADIUN, radarmerahputih.com-- Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah berupaya untuk mengurangi jumplah (Rumah Tidak Layak Huni) RLTH di Indonesia .

Kali ini program BSPS atau lebih populer disebut bedah rumah.

Sebanyak 15 unit rumah tidak layak huni (RLTH) di desa Jetis Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun mendaptakan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Rumah tidak layak huni milik dikhuskan untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Desa JETIS telah mendapatkan bantuan dari pemerintah yakni Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Melalui penyaluran bantuan perumahan tersebut, selain bertujuan meningkatkan kualitas rumah agar lebih layak huni, masyarakat juga terlibat aktif dan bergotong royong dalam pelaksanaan pembangunan rumahnya.


Kepala Desa Jetis Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiu Suprihatin,S,Pd,i saat di wawancari media pada tanggal 17/03/2023 mengatakan bahwa pemerintahanya mendapatkan bantuan bedah rumah atau BSPS ini sebanyak 15 unit rumah yang sudah lolos survei dan layak mendaptkan bantuan tersebut,yaitu di Rt 08,09,dan Rt 10.

Program BSPS ini dikerjakan secara swakelo dan mengunakan sistem padat karya(PKT). Kami ingin agar masyarakat bisa merasakan bantuan perumahan dari pemerintah agar rumahnya yang sebelumnya tidak layak huni menjadi layak huni,” Terang kades perempuan ini.


Kades Suprihatin menambkan ,bahwa program BSPS adalah bantuan pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumahnya beserta sarana prasarananya secara umum 'terangnya.


Sementara TPK Mariono saat di temui di lokasi menjelaskan , "adapun jumlah bantuan untuk setiap unit rumah adalah sebesar Rp.20.000.000(dua puluh juta ribu rupiah ). Dana tersebut diterima masyarakat dalam bentuk bahan bangunan senilai Rp 17,5 juta dan sisanya Rp 2,5 juta untuk upah tukang "terang tim pelaksana kegiatan desa Jetis yang aktip mendampingi masyarakat untuk melihat dan mengawasi secara langsung pelaksanaan pembangunan secara berkelompok ini.


Kades Jetis menambahkan program BSPS ini mampu mengurangi jumplah rumah tidak layak huni didesanya .Apalagi hingga saat masih banyak RLTH didesa Jetis yang belum mendapatkan bantuan. Semoga tahun depan desa kami kembali mendapkan bantuan program BSPS ini " harap kades Jetis Suprihatin. (jnd)

Post a Comment

0 Comments