SMK PGRI 1 Ngawi, Study Hard, Work Smart Bersama Axioo Class Program.

 



Ngawi, - SMK 1 PGRI Ngawi terus berupaya meningkatkan layanan pendidikan demi terciptanya produk pelajar yang berkualitas.


Bekerja sama dengan Axioo kali ini adakan Axioo class program yang meliputi dua kegiatan, Program Pendampingan dan Pelatihan SDM Vokasi (P3SV) Assembling Laptop Axioo dan Axioo Mengajar Robotic Bootcamp, Senin (06/03/2023).


Pendampingan dan pelatihan perakitan laptop dilaksanakan di lab Axioo class program, diikuti khusus oleh peserta didik kelas X Tehnik Komputer dan Jaringan (TKJ) Axioo SMK 1 PGRI Ngawi yang berjumlah 36 siswa. Di kelas perakitan ini Tim Axioo menyediakan perangkat-perangkat atau part-partnya secara terpisah kemudian siswa merakitnya sendiri dengan bimbingan dari tim Axioo Class Program. Menurut Kepala Jurusan TKJ, Diah Ariyani, program ini bertujuan agar siswa lebih berkompeten di bidang IT. 

"Dengan kompetensi yang dimiliki saya harapkan siswa nantinya setelah lulus bisa memperoleh pekerjaan yang lebih baik atau berwirausaha," ujar Diah Ariyani.


Ditambahkan oleh Waka Humas, Dwi Wijaksono, pendampingan dan pelatihan perakitan laptop ini merupakan awal program class Axioo yang nantinya akan berkelanjutan. " jadi tidak hanya perakitan saja nantinya akan sampai ke software Axioo dan mikrotik juga," jelasnya.


Bagas Jaler Maulana, salah satu siswa peserta program sekaligus sebagai penanggung jawab kelas mengatakan sangat menikmati kelas perakitan laptop ini. Hal ini juga tampak dari keseruan para peserta yang sangat antusias mengikuti setiap instruksi yang diberikan. Ketika ditanya mengenai kesulitan di perakitan laptop, Bagas menjelaskan," kesulitannya itu mengenali komponen-komponen Bu, tapi seru sih dan menyenangkan program ini". 


Sedang kelas program Axioo Mengajar Robotic dilaksanakan di Aula Samsir Miharja SMK 1 PGRI Ngawi dengan peserta pelajar tingkat SMP/MTs Kabupaten Ngawi. Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya tarik siswa agar memilih SMK 1 PGRI Ngawi sebagai tujuan pendidikan selanjutnya.



Fatan, tim dari Axioo Class Program menjelaskan, Bootcamp Robotic merupakan pembelajaran sistem STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics), dimana siswa yang mengikuti program ini diharapkan mampu berpikir secara kritis, dapat bekerja secara tim dengan baik dan benar serta mampu menyelesaikan masalah dengan cara yang kreatif.


"Untuk kelas Bootcamp Robotic kita sudah menyediakan robotnya, siswa tinggal memprogram melalui laptop dengan menggunakan aplikasi mBlok 5," pungkas Fatan.


Di kesempatan yang sama Kepala Sekolah SMK 1 PGRI Ngawi, Farid Samsul Hadi, MPd, mengatakan bahwa kerjasama dengan Axioo yang telah berjalan hampir 6 tahun ini dapat berjalan lancar sehingga Axioo tetap konsisten mendukung pendidikan di SMK 1 PGRI dengan memberikan bekal ilmu sehingga bisa menciptakan produk pelajar dengan kualitas tinggi.


"Karena peningkatan kualitas lulusan juga dapat meningkatkan ekonomi dan daya saing bangsa," tutup Kepala Sekolah. (ard)

Post a Comment

0 Comments