Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air, Parade Surya Senja Suguhkan Berbagai Atraksi Kesenian Tradisional.

 



Magetan, radarmerahputih.com - Parade Surya Senja, kegiatan rutin yang diadakan di tiap bulan tepatnya tanggal 17 ini merupakan sarana pendidikan karakter untuk meningkatkan dan memupuk rasa nasionalisme, patriotisme dan cinta tanah air bagi para generasi penerus bangsa.


Hadir dalam Parade Surya Senja kali ini Bupati Magetan, Suprawoto, Wakil Bupati Magetan, Nanik Endang Rusminiarti, Ketua DPRD, Sujatno, Forkopimda Kabupaten Magetan, Camat, Kepala Sekolah, Guru serta siswa siswi SD, SMP/Sederajat, SMA/Sederajat di lingkup Kabupaten Magetan.


Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Suwata menjelaskan bahwa sangat mendukung kegiatan Parade Surya Senja bagi pelajar yg dilaksanakan tiap bulan ini.


"Dulu yang mengawali kegiatan tersebut Dikpora untuk pelajar SMP, kemudian diteruskan Bakesbangpol sesuai dengan tugas dan fungsinya, dan Dikpora mendukung untuk siswanya dengan tujuan menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan bagi siswa, mengenang perjuangan memperebutkan kemerdekaan para pejuang, menumbuhkan rasa nasionalisme, sebagai edukasi tentang kebhinekaan bahwa  Indonesia itu terdiri dari berbagai suku, bahasa dan adat istiadat," ungkap Kadis Dikpora Magetan.


Ditambahkan Suwata bahwa kegiatan tersebut juga sebagai implementasi kurikulum merdeka  yg didalamnya untuk membentuk siswa agar memahami dan menjalankan profil pelajar Pancasila yaitu beriman dan bertaqwa, mandiri, kebhinekaan global, gotong royong, kreatif dan bernalar kritis.


Suasana mendung di hari Jumat (17/03/2023) ini pun tidak menjadi penghalang semangat bagi para peserta dalam mengikuti upacara penurunan bendera yang diadakan di Alun-alun Magetan.


Beberapa penampilan menarik disuguhkan sebelum upacara penurunan bendera dilaksanakan. Siswa siswi unjuk kebolehan dalam menampilkan seni budaya lokal yang mampu membuat takjub para pengunjung.


Marching band dari MTsN 4 Magetan sebagai penampilan pembuka sebelum upacara dimulai, diikuti dengan sendratari Anoman Obong yang ditampilkan oleh pelajar dari Hidayatul Ummah, SMP 3 dengan Kesenian Jathilan serta beberapa penampilan seni dari sekolah lainnya ikut meramaikan Parade Surya Senja kali ini.


Selain menyuguhkan atraksi kesenian yang mampu memupuk rasa cinta tanah air, juga diramaikan stand UMKM, yang mengenalkan dan memasarkan produk-produk unggulan dari Kecamatan Kawedanan. (ik)

Post a Comment

0 Comments