AAF; KPH Pasuruan bisa lebih baik lagi kedepannya, dengan kepemimpinan administrator yang baru.





Pasuruan ,radarmerahputih Com -  Menindaklanjuti SK Direksi Perum Perhutani terkait dengan mutasi jabatan Administratur atau KKPH yang merupakan perusahaan BUMN ini, tepatnya hari Jumat tanggal (28/4/2023) kantor kesatuan pemangku hutan atau lebih dikenal dengan Kph Pasuruan yang berlokasi di kota malang melaksanakan kegiatan sertisik bersamaan dengan halal bihalal.


Dari pantauan awak media, acara yang digelar mulai pukul 8.30 tersebut tampak dihadiri oleh seluruh karyawan di lapangan dan jajaran pejabat pada kantor KPH Pasuruan, dan adapun AAF selaku pejabat lama KKPH Pasuruan yang mendapat tugas baru di Kph Lawu DS sebagai administrator.


Dalam sambutannya Agus Ahmad Fadholi menyampaikan beberapa hal kilas balik mulai menjabat hingga sekarang" pada tanggal 15 Oktober 2021 sesuai SK Direksi Perum perhutani, kami ditugaskan sebagai administrator Kph Pasuruan dan kemudian kami melaksanakan serah terima fisik mulai 1 Nopember 2021"


Selanjutnya," setelah kami menerima serah terima fisik, kami mencoba untuk belajar mencerna potensi -potensi yang ada di Kph Pasuruan, terutama mengenai SDM, SDH, lingkungan sosial dan seterusnya".


"Dari cek di lapangan, kami bisa menyimpulkan bahwa Kph Pasuruan ini adalah Kph yang lumayan besar dan dengan potensi yang luar biasa, terutama dari potensi kayu, non kayu, pinus, kayu putih kemudian ada agroforestri kopi, jagung dll ".


"Termasuk juga adanya potensi wisata yang menyebar di beberapa lokasi kabupaten Pasuruan hingga kabupaten Mojokerto, dari situ saya mencoba membuat semacam kebijakan selama saya bertugas di Kph Pasuruan dimasing-masing bidang tersebut yang menjadi icon di sini".


"Kita belajar banyak dari pengalaman sebelumnya, bahwa tahun 2020-2021 getah pinus masih belum menggembirakan sesuai harapan pimpinan, melihat hal itu, kita mengawali dengan mengadakan kegiatan berupa outbound, pelatihan -pelatihan, kita juga lakukan semacam komitmen bersama mulai karyawan di kantor hingga di lapangan agar bisa mencapai target setinggi-tingginya".


Lebih jauh, "Kita komitmen bahwa saat itu, seluruh target RKAP tahun 2022 harus kita kawal bersama -sama dan saya tidak bisa sendirian, dan yang kita dapatkan dari Kph Pasuruan adalah merupakan komitmen dari rekan -rekan di kantor hingga jajaran di lapangan".


"Ini juga di dukung karena lokasi wilayah kantor Kph Pasuruan berada di tengah kota malang, dengan SDM yang energik dan terbuka karena dekat dengan campus tentunya sangat familiar dengan nama nya kajian, diskusi dan itu adalah salah satu potensi yang saya dapatkan disini seperti keterbukaan, Egaliter dan juga kebersamaan, mungkin ditempat lain tidak kami dapatkan hal tersebut ".


"Dari situ yang kemudian saya coba garap mulai tahun 2022 awal hingga akhir dan memang perjalanan ini tidak mudah, kami harus kawal bersama -sama, memotivasi mereka setiap saat, kami ingatkan target -target nya tiap hari, tiap Minggu, tiap bulan, tiap periode dan hampir setahun penuh menemani teman di lapangan dalam menjalankan tugasnya tersebut".


"Dan Alhamdulillah di tahun 2022 dengan kerjasama Tim Kph Pasuruan, kita mendapatkan berbagai apresiasi dari pimpinan perusahaan di pusat maupun tingkat divre Jawa timur. Seperti juara 1 produksi getah pinus se direksi, kemudian kita juara 2 penggunaan aplikasi padi, juara 3 terkait dengan pendapatan agroforestri".


" Menurut kami, ini merupakan capaian yang luar biasa yang mungkin dulu pernah ada dan cukup lama tidak pernah mendapatkan lagi dan baru saat ini kita bisa dapat kan kembali, ini membanggakan bagi kita semua dengan kata lain raksasa yang sedang tidur bisa kita bangkitkan secara konsisten dengan penuh kesabaran".


"Memang tidak mudah kelola Kph Pasuruan ini, baik SDM nya seperti temen di lapangan sangat vokal seperti itu. kita harus siap menerima masukan, kritik mereka, entah itu pedas entah itu sedang. Dan Alhamdulillah kita yang sudah terbiasa diskusi dengan mereka menyikapi hal itu bukan merupakan suatu yang berat istilahnya".


 Saya juga suka, diskusi tersebut bisa mengahasilkan solusi yang terbaik untuk teman di lapangan dan tentunya memang sekali lagi, selain kita memotivasi serta memberikan semangat, kita juga menciptakan kebersamaan di Kph Pasuruan".


"Dan pesan saya, modal yang sudah kita dapatkan tahun 2022 dan kemudian memasuki tahun 2023 sudah luar biasa, di beberapa target sudah kita lampaui di atas mps, mudah -mudahan nanti ditengah tahun ada evaluasi akhir tahun potensi yang ada bisa tergarap dengan maksimal".


"Harapan kita, Kph Pasuruan bisa semakin baik lagi kedepannya dengan kepimpinan administrator yang baru, selain itu untuk semua rekan -rekan agar tetap ciptakan kondusifitas wilayah, kebersamaan dalam bekerja, silaturahmi nya ditingkatkan, jangan lupakan kami yang bertugas ditempat lain, mungkin itu penopang kita supaya produktivitas kita semakin baik dan saya ucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik selama ini". Pungkas AAF selaku pejabat lama KKPH Pasuruan (Tim)

 

Post a Comment

0 Comments