Antisipasi Curah Hujan Yang Tinggi Pemdes Suluk Membangun Saluran Irigasi Di Dusun Mojo

 


Madiun radarmerahputih. com--Mengantisipasi datangnya curah hujan yang begitu lebat tahun ini ,maka pemerintah desa Suluk memprioritaskan pembangunan irigasi di dusun Mojo. Irigasi atau drainase adalah sebuah kontruksi yang menjadi media untuk mengalirkan air dari satu titik ketitik lain.


Saat ditemui dikantornya Kepala Desa Suluk Kecamatan Dolopo kabupaten madiun DARYONO mengatakan pada awak media radarmerahputih.com , memang tahun 2023 menjadi awal saya mulai menata desa, baik itu program sumber daya manusia maupun bidang infrastruktur. Mengingat tahun kemarin masih fokus pandemi ,nah di awal masa paska pemulihan pandemi kami Pemdes Suluk mulai memprioritaskan pembagunan fisik yang tahun kemarin tercancel ,Tapi kami tetap selektif dalam menentukan prioritas pembangunan.


Kades Suluk yang punya, maka saya bersama lembaga BPD Mengadakan Musdesus untuk menentukan prioritas fisik mana yang akan di realisasikan.



Hasil musdesus kami sepakat mendahulukan program pembangunan saluran irigasi di RT 20 RW 08 dusun Mojo   dengan volume 80 meter mengunakan anggaran DD (dana desa) tahap 1 sebesar 34.886.000 tahun 2023.


Pembangunan Irigasi ini bertujuan untuk mengantisipasi curah hujan yang tinggi dan memperkuat sisi bahu jalan agar tanahnya tidak tergerus oleh air hujan ,mengingat daerah tersebut kalau datangnya musim hujan sering di lalui banjir.


Ditambahkan oleh Kades Suluk yang punya Resto Durian dan bulan Februari kemarin baru  mengadakan Festival Tumpeng Durian ini , pelaksanaan pekerjaan pembangunan Irigasi  tersebut adalah hasil kerja keras tim pelaksana kegiatan (TPK) desa Suluk . Tugas kepala desa hanya memonitoring pengerjaan yang di laksanakan oleh TPK.


Saat di temui di lokasi  proyek (06/04/2023) ketua TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) mengatakan ,kalau pengerjaan Irigasi desa Suluk ini secara swakelola yang melibatkan masyarakat sekitar lokasi yang mengunakan sistem padat karya tunai (PKT).


Kades Suluk Daryono lebih akrab di panggil pk Nyoi' ini, bertekad untuk memujudkan impian masyarakat dalam segala bidang ,baik infrastruktur maupun peningkatan sumber daya manusia .

Saya sangat tulus ikhlas untuk memajukan desa Suluk , biarlah orang menilai tanpa saya berkata , bisa di lihat hasilnya saatnya nanti. "Imbuhnya  .(jnd)

Post a Comment

0 Comments