Bazar UMKM Warnai Pekan Terakhir Ramadhan 2023 di Desa Balonggebang, Nganjuk

 


Nganjuk - Hari ke-24 bulan Ramadhan di Desa Balonggebang, Kecamatan Gondang, diwarnai dengan adanya kegiatan Bazar UMKM 2023. Bazar ini diadakan oleh Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur yang tergabung ke dalam Kelompok 70 program Kuliah Kerja Nyata – Tematik MBKM. (15/04/2023).

Kegiatan Bazar UMKM 2023 yang bertema “Kumpul lan Njajan Bareng nang Desa Balonggebang” ini berlangsung di halaman Balai Dusun Balongrejo, Nganjuk dengan diikuti oleh sekitar 22 pelaku UMKM dan ribuan pengunjung dari Desa Balonggebang. 

Seperti yang dijelaskan Sindy Triana, ketua pelaksana Kegiatan Bazar UMKM ini, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para pelaku UMKM di Desa Balonggebang untuk memperkenalkan dan menjualkan produk mereka sekaligus untuk membantu Mahasiswa meningkatkan eratnya jalinan silaturahmi dengan warga Desa Balonggebang. 



Sindy juga menjelaskan, ide dibalik terlaksananya kegiatan Bazar UMKM ini adalah dari adanya keluhan dari Perangkat Desa dan beberapa warga desa yang mengatakan bahwa di Desa Balonggebang belum pernah diadakan Bazar UMKM, sehingga para pelaku UMKM merasa kesulitan untuk mengembangkan usaha mereka karena tidak pernah mendapatkan wadah dan kesempatan dalam pengembangan usaha mereka. 

Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Desa Balonggebang, Djainal Abidin, di Desanya belum pernah diadakan bazar UMKM.

“Di desa ini memang belum pernah ada Bazar UMKM, jadi sangat diharapkan jika nanti teman-teman KKN bisa mengadakan Bazar UMKM di Desa ini” ujar Djainal Abidin, Kepala Desa Balonggebang.

Iwan, salah satu pelaku UMKM yang ikut dalam bazar tersebut, mengaku merasa senang, karena dagangannya laku terjual.



“Saya senang sekali dengan adanya Bazar UMKM ini. Alhamdulillah dagangan saya banyak yang laku terjual. Bazar ini sangat membantu kami para pelaku UMKM desa untuk berkembang.”ujar Iwan. 

Iwan juga berharap,  dengan diadakannya kegiatan bazar ini, para pelaku UMKM Desa Balonggebang dapat terus berkembang lagi.

Kegiatan bazar dimulai dengan sambutan dari perwakilan Pemerintah Desa Balonggebang dan pemotongan pita sebagai tanda dibukanya kegiatan Bazar UMKM 2023 di Desa Balonggebang dan diakhiri dengan penukaran kupon yang didapatkan oleh setiap pelaku UMKM ke dalam bentuk uang tunai. 

Harapan dari terlaksananya kegiatan Bazar UMKM, yaitu dapat menjadi batu loncatan bagi para pelaku UMKM untuk terus mengembangkan usaha yang mereka miliki, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga Desa Balonggebang.

Penulis: Gatutkoco H.P.W. & Saifuddin Zuhri

Post a Comment

0 Comments