Bersamaan Bulan Suci Ramadhan 1444 H Peringatan Boyong Kabupaten Berbek ke Kota Nganjuk ke 1086 Dilaksanakan Malam Hari .

 


Nganjuk,radarmerahputih.com,- Peringatan hari jadi kabupaten Nganjuk ke 1086 yang tepatnya pada tanggal 09 April 2023 .


Merupakan agenda rutin pemerintah daerah kabupaten Nganjuk , seperti tahun tahun sebelumnya , peringatan hari jadi Nganjuk dengan acara boyong  pemerintahan kabupaten Berbek ke kota Nganjuk ,disertai kirab pusaka dan pawai alegoris 


Karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 1444 H  , di tahun 2023 ini kegiatan boyong dilaksanakan pada malam hari , setelah solat tarawih . 

Boyong disertai Pawai Alegoris dari Masjid Al Mubarok Berbek menuju Pendopo KRT Soesro Koeaoemo Nganjuk kota .

Menurut Marhaen ,Plt Bupati Nganjuk bahwa kegiatan ini merupakan warisan turun temurun dan harus di lestarikan sebagai adat tradisi sekaligus sebagai sarana promosi budaya dan pariwisata.


Tampak di lokasi  persiapan kendaraan mulai pukul 16.30 Wib, pada hari Minggu ( 09/4/2023) di alun-alun Berbek dengan rangkaian acara Buka bersama di Masjid Al Mubarok, ziarah ke makam eyang Kanjeng djimat setelah itu di lanjutkan dengan Pawai Alegoris.

" Insya Allah pawai akan berangkat tepat pukul 20.00 wib," kata Marhaen .

Lanjut orang No 1 di kabupaten Nganjuk, Dr.Drs. Marhaen Djumadi, SH.SE.MH.MBA,  " dalam peringatan Hari Jadi Nganjuk 1086 kita awali dengan berziarah ke Makam Kanjeng Djimat di lanjutkan dengan Makam Pangeran Singosari di mana makam ini merupakan makam para bupati terdahulu." Katanya .

Ini merupakan wujud dari pertanda para warga Kabupaten Nganjuk maju  untuk melestarikan budaya leluhur nenek moyang kita. Tetap bersatu dan selalu kompak untuk membangun Nganjuk.

" Bismillahirrahmanirrahim , boyong kabupaten Berbek ke kota Nganjuk  dan kirab pusaka  atau pawai Alegoris ini kami buka, "  kata Marhaen  saat membuka kegiatan boyong tersebut .( Rdks) 


Post a Comment

0 Comments