Jelang Mudik Lebaran, Satlantas Polres Magetan Lakukan "Ramp Check" Uji Kelayakan Kendaraan.

 


Magetan, radarmerahputih.com – Menjelang mudik lebaran 2023, Satlantas Polres Magetan sinergi dengan instansi terkait dari Dinas Perhubungan (Dishub) Magetan, UPT P3 LLAJ Dishub Madiun, melakukan “Ramp Check” berupa pemeriksaan kendaraan terhadap sejumlah angkutan bus berikut pengemudinya .


Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan, melalui Kasat Lantas AKP Trifonia Situmorang, menyampaikan, kegiatan "ramp chek" yaitu inspeksi keselamatan angkutan digelar menjelang lebaran 2023, dengan sasaran mulai dari kelengkapan surat-surat hingga kelayakan kendaraan. Sabtu (15/4/2023).


Dalam pengecekan tersebut seluruh kendaraan bus yang masuk Terminal Maospati, Kabupaten Magetan langsung diperiksa oleh petugas gabungan, 


“Dalam uji kelayakan kendaraan ini, satu-persatu kendaraan bus di terminal di cek secara menyeluruh. Mulai dari fisik, ban, wiper, sabuk pengaman, lampu, alat pemadam api, alat pemecah kaca hingga kelengkapan darurat lainnya,” ungkap AKP Trifonia.


Ia mengungkapkan dari hasil pemeriksaan, petugas mendapati kondisi beberapa ban kendaraan bus yang sudah halus, lampu sen mati, dan wiper bus yang tidak berfungsi.


Untuk administrasi kendaraan, didapati pelanggaran seperti keterangan lulus uji yang tidak tertempel, tidak ada sertifikat uji, bahkan ada bus yang telat pajak.


“Atas temuan ini, telah dilakukan penegakan hukum. Kemudian untuk yang masih bisa diperbaiki seperti lampu dan wiper, kita suruh langsung perbaiki dan pasang jika ada,” jelasnya


Sementara untuk para sopir bus juga dilakukan pemeriksaan kesehatan. "Cek kesehatan dari Jasa Raharja, dari unsur sopir 20 orang yang dicek 1 gula tinggi 599, dan cek urin nihil,” pungkasnya.


Rencana selanjutnya, tetap bersinergi dan selalu koordinasi dengan instansi terkait untuk inspeksi, "Ramp Check" akan terus dilakukan secara tentatif atau jika diperlukan. Mulai jelang lebaran hingga nanti saat arus balik lebaran 2023. (Hms/ik)

Post a Comment

0 Comments