Polres Pasuruan Berhasil Tangkap Enam Tahanan Yang Kabur Pada Januari Lalu

 



Pasuruan - radarmerahputih.com- Polres Pasuruan Kota berhasil tangkap kembali 6 (enam) dari 7 tahanan yang kabur pada Januari lalu. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kapolres Pasuruan, AKBP Bayu Pratama Gubunagi, S.H., S.I.K., M.Si dengan didampingi Waka Polres Pasuruan, Kasat Reskrim, Kasat Narkoba dan Kabag Humas saat menggelar Press Rilis pada Kamis (13/04/2023) dihalaman Mapolres Pasuruan.


" Pada intinya kami mempertanggung jawabkan kelemahan, kelalaian yang pernah terjadi di Polres Pasuruan pada Januari lalu. Hingga saat ini kami telah menangkap kembali 6 tahanan yang kabur, dari 6 tahanan ini kami amankan dari beberapa lokasi yang berbeda diantaranya 2 kita amankan dari lokasi Paserpan, Kabupaten Pasuruan, kemudian 2 tahanan lagi kita amankan diwilayah Banyuwangi, 1 tahanan diwilayah Karawang, Jawa Barat dan 1 tahanan lagi diwilayah Tutur, Kabupaten Pasuruan Dan kami berkomitmen untuk terus mengejar dan menangkap kembali sisa tahanan yang kabur ", ungkap Kapolres.


Selain itu, Kapolres juga menyampaikan bahwa upaya ini terus pihaknya lakukan sampai berhasil menangkap kembali 7 orang tahanan yang melarikan diri. Polres Pasuruan tidak akan berhenti mengejar satu sisa tahanan untuk bisa kembali ke sel tahanan Polres Pasuruan.


" Kemudian upayah selanjutnya adalah tentunya memperbaiki sistem pengamanan, pemasangan cctv yang dikoneksikan alat komunikasi yang ada di rutan Polres Pasuruan, meningkatkan kewaspadaan petugas jaga tahanan yang kita atur bergantian, kemudian juga hal2 lain yang tentunya tetap menjunjung tinggi hak asasi manusia, hak2 para tersangka,  adapun upayah2 yang kami lakukan ini untuk mencegah terulangnya kembali peristiwa pada Januari lalu ", masih ungkap Kapolres didalam Press Rilisnya.


Sementara itu, guna untuk memberikan efek jera kepada para tersangka Pihaknya telah berkoordinasi dengan lainnya, diantaranya Kejaksaan maupun Pengadilan Negeri untuk memberikan hukuman tambahan kepada para tahanan yang melarikan diri dengan ditambah 1/3 dari hukuman pokok para tersangka, karena telah melakukan tindakan melarikan diri.


Selain itu pula, Pada kesempatan ini juga Kapolres Pasuruan juga tekankan untuk menghimbau kepada seluruh pihak, baik keluarga, teman, tetangga, sanak saudara yang pernah mengetahui atau bahkan turut membantu memfasilitasi larinya para tahanan yang kabur kami minta untuk bisa koperatif, bekersama dengan Polres Pasuruan. karena menurutnya pihak telah menghimpun, mengumpulkna informasi  secara lengkap dari ke 6 tahanan yang berhasil kami tangkap kembali bahwa kemana mereka bergerak.


"oleh karena mudah2an tidak dalam waktu yang lama bisa berhasil menemukan 1 tahanan yang tersisa.

Dan saya mengapresiasi atas peran dari Timsus Polres Pasuruan, tim gabungan Polres Pasuruan yang terdiri dari Satreskrim, Satresnarkoba dan Sat Intelkam yang telah berusaha payah untuk terjun ke lapangan, masuk ke hutan dengan berbagai upayah2 yang dilakukan sehingga tertangkapnya kembali tahanan yang kabur ".


" dan tentunya peran serta Media yang selalu menginformasikan perkembangan, selalu mensupport kami dan tentunya pula masyarakat Pasuruan sendiri yang terus mendukung bahkan kemarin ada bantuan dari salah satu Kepala Desa untuk membantu kami untuk mencari keberadaan para tersangka , kami mengucapkan Terima kasih dan mengapresiasi sebesar besarnya " tambah AKBP Bayu Pratama Gubunagi, S.H, S.I.K, M.Si.  ( Syah )

Post a Comment

0 Comments