Polsek Padas Lakukan Pembinaan di Pos Kamling Jaga Keamanan Ngawi

 


Ngawi, radarmerahputih.com - Dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), Polres Ngawi Polda Jatim memiliki strategi untuk mewujudkannya, yakni dengan memberdayakan potensi masyarakat di lingkungannya untuk ikut serta mengaktifkan pos kamling yang ada di wilayah Polsek jajaran.


Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, melalui Kapolsek Padas Iptu Iswahyoedi menjelaskan bahwa anggotanya rutin patroli dialogis di pos-pos kamling yang ada di wilayah Padas


Untuk itu, pada Selasa malam (4/3/2023) sekira 22.45 WIB petugas jaga Polsek Padas Aiptu J. Arifianto, Aipda Heri P, Bripka Hendrik dan Bripka Warsito melakukan patroli dialogis dengan warga yang jaga di pos kamling Desa Padas.


"Kami lakukan kunjungan dan berdialog dengan warga yang saat itu sedang berjaga di pos ronda. Kami juga lakukan pembinaan tentang tata cara bertugas melakukan kegiatan penjagaan di Pos, perondaan keliling lingkungan yang menjadi wilayah tanggung jawab keamanan," ujar Kapolsek Padas ketika dikonfirmasi


Ia juga menambahkan, pihaknya juga memberikan bimbingan teknis dan taktis jika saat bertugas di poskamling melakukan tindakan tertangkap tangan terhadap pelaku tindak pidana kejahatan, agar segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas atau Polsek  Padas guna proses tindak lanjutnya.


"Selain itu kita juga berpesan kepada petugas Poskamling agar bisa menggunakan peralatan dan perlengkapan  yang ada di Pos, seperti penggunaan kentongan dan harus tahu simbol-simbol bunyi kentongan seperti situasi aman, jika ada kejadian pembunuhan, pencurian, kebakaran dan bencana alam," terang Iptu Iswahyoedi 


Dengan dilakukannya kunjungan tersebut, Kapolsek Padas berharap, para petugas poskamling dan  masyarakat bisa memahami dan menyadari betapa pentingnya keamanan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga setiap warga bisa timbul keinginan untuk berpartisipasi menjaga lingkungannya secara bergiliran atas dasar kesepakatan bersama.


"Semoga dalam kegiatan patroli dialogis ini dapat terwujud situasi Kamtibmas yang kondusif, tidak ada kejadian menonjol," pungkas Kapolsek Padas(ard / humas ) .

Post a Comment

0 Comments