Bupati Ngawi Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Semeru 2023

 


Ngawi, radarmerahputih.com - Demi keamanan dan kelancaran Idulfitri 1444 H, maka Polres Ngawi Polda Jatim bersama stakeholder terkait lainnya melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2023 di lapangan Merdeka alon-alon Kabupaten Ngawi, pada Senin (17/4/2023)


Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023, dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia, dan untuk Kabupaten Ngawi dipimpin oleh Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, didampingi Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, dan Komandan Kodim 0805 Ngawi Letkol inf Adi Wirawan.


Susunan pasukan gelar apel adalah Deputasi Perwira, kemudian  berturut-turut pasukan Provos, Kodim 0805 Ngawi, Batalyon Armed 12 Ngawi, Dalmas, Polres, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Perhutani, Senkom, Banser dan Dinas Kesehatan serta Kendaraan Dinas


Dalam kegiatan tersebut, Bupati Ngawi membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.


Operasi Ketupat 2023 mengambil tema 'Mudik Aman Berkesan', maka pemerintah menyediakan 148.261 personil gabungan, terdiri dari TNI-Polri, Kementrian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya. 


Disediakan juga 2.787 pos terdiri:

- 1.857 pos pengamanan yang fungsinya utk pusat informasi, gatur dan rekayasa arus lalin,serta memastikan keamanan maupun ketertiban pada obyek wisata, pusat belanja, dan keramaian.


- 713 pos pelayanan fungsinya tempat istirahat pengemudi, manajemen rest area, pelayanan kesehatan, pemberian takjil gratis dan berbagai layanan lainnya.


- 217 pos terpadu yang berfungsi untuk pusat komandi pengendalian operasi secara terintegrasi bersama stakeholder terkait dan dilengkapi dan command center terpadu.


Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara optimal, melalui Operasi Terpusat dengan sandi "Ketupat 2023" selama 14 hari, sejak 18 April sampai dengan 1 Mei 2023. 

Operasi ini telah diawali dengan KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan) sejak tanggal 10 sampai dengan 16 April 2023 dan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 sampai dengan 9 Mei 2023.


Bupati, Kapolres dan Komandan Kodim 0805 Ngawi memasang pita berwarna merah di pundak kiri kepada perwakilan Polri, TNI dan Dinas Perhubungan sebagai tanda dimulainya Operasi Ketupat 2023.


Wilayah Kabupaten Ngawi sendiri ada 7 pos yang terdiri dari: 1 (satu) Pos Terpadu yang terletak alun-alun Merdeka Ngawi, 2 (dua) Pos Pelayanan yakni di Rest Area Tol KM 575 A dan 575 B, 4 (empat) Pos Pengamanan yang berada di Mantingan, Monumen Soerjo, Kedungprahu dan Jogorogo.


"Untuk Ngawi sendiri ada 7 (tujuh) pos yang terdiri dari 1 (satu) Pos Terpadu, 2 (dua) Pos Pelayanan, 4 (empat) Pos Pengamanan," jelas Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera. (ard)

Post a Comment

0 Comments