Bupati Pacitan Mas Bayu Aji Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Irigasi Program P3-TGAI bersama Sedulur Tani Desa Kerto

 



Pacitan ,radarmerahputih.com - Kabupaten Pacitan di tahun 2023 ini kembali mendapatkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR). 


Sebanyak 102 desa di Kabupaten Pacitan Jawa Timur ini dipastikan menerima manfaat dari program rehabilitasi, peningkatan atau pembangunan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani tersebut.



Dalam uraiannya bupati Pacitan Bayu Aji menyampaikan bahwa  "Program  ini sudah ada sejak 2013, ada desa yang sudah beberapa kali dapat ada juga yang belum. Meskipun belum bisa memenuhi semua keinginan, namun sudah pasti membantu mengurangi persoalan petani," kata mas   Bayuaji atau yang lebih kental dengan panggilan Mas Aji ini saat acara Srawung Sedulur Tani penerima program P3-TGAI di Desa Ketro Kecamatan Kebonagung, Jumat (19/05/2023).



Desa Ketro, Kecamatan Kebonagung merupakan salah satu dari 15 desa penerima manfaat program P3-TGAI di Kecamatan Kebonagung. Dengan jumlah 15 desa di kecamatan Kebon Agung ini  adalah kecamatan terbanyak dibanding kecamatan lainnya.


Pada kesempatan tersebut Mas bupati Bayu  Aji melakukan peletakan batu pertama pembangunan saluran irigasi program P3-TGAI Desa Ketro sepanjang 362,31 meter. 


Lebih lanjut Mas bupati Bayu Aji  berpesan "Tolong program ini benar-benar dijaga agar manfaat dan daya pakainya lebih lama," pesannya 


Lebih lanjut mas bupati Bayu Aji  selain melakukan peletakan Batu pertama di Desa  Kerto juga menghadiri turnamen bola voly juga memberikan bantuan kepada anak yatim dan 

Sebagai bahan informasi bahwa Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) adalah program berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan sendiri oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air, Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air secara swakelola. Adapun jenis kegiatan pelaksanaan P3-TGAI terdiri dari, rehabilitasi jaringan irigasi, peningkatan jaringan irigasi, dan/atau, pembangunan jaringan irigasi. 



"Semoga dengan bantuan program ini akan menambah motivasi masyarakat petani Desa Ketro dalam mengolah lahan pertaniannya," ujar Kades Ketro, Winardi. Selepas acara, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (Mas Aji) menyempatkan diri menyaksikan Turnamen Bola Voli Klepu Cup di Dusun Klepu, Desa Ketro. Demikian informasi dari Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Pacitan. (Sus ).


Posting Komentar

0 Komentar