Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pacitan Gelar Rapat Koordinasi Pemberangkatan dan Pemulangan Haji Tahun 1444H / 2023 M




Pacitan ,radarmerahputih com - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan, Dr. Sugiyo, M.Pd, menggelar  Rapat Koordinasi Pemberangkatan/Pemulangan Jemaah Haji Kabupaten Pacitan Tahun 1444 H/2023 M, di ruang pertemuan BKM Jl. KH. Samanhudi Pacitan, Jum’at, 19 Mei 2023.


Rapat tersebut dipandu oleh Mutongin, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kankemenag Kabupaten Pacitan, yang dihadiri selain Kepala Kankemenag hadir pula perwakilan Polres, Kepala Bagian Kesra, Kepala Bagian Umum, Humas dan Protokol, Tim Kesehatan Haji Dinas Kesehatan, perwakilan dari Satuan PolPP, Dinas Perhubungan, Ketua Rombongan Jemaah Haji, Pimpinan KBIHU, PHD, penyelenggara angkutan/Bis, dan segenap unsur yang ada di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan.


tidak hanya dilakukan oleh Kementerian Agama tetapi menyangkut berbagai lintas Kementerian/Dinas/Instansi sebagaimana amanah Undang Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.


Rencana pemberangkatan dan pemulangan disampaikan secara teknis oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Mutongin yang menjelaskan urutan kegiatan teknis pemberangkatan haji sampai kepulangannya.


“Jemaah haji asal Kabupaten Pacitan diberangkatkan pada tanggal 24 Mei 2023 dari Pendopo Kabupaten oleh Bupati Pacitan, dengan rancangan jadwal pukul 09.00 sudah dilepas dari Pendopo Kabupaten Pacitan, dan sehari sebelumnya dilakukan kegiatan pengumpulan koper bagasi jemaah haji. Jumlah jemaah haji yang diberangkatkan sejumlah 166 jemaah,” ujar Mutongin dalam paparan rencana kegiatan pemberangkatan jemaah haji tahun 1444 H/2023 M.


Rapat koordinasi menjadi lebih produktif dengan berbagai masukan dan saran juga penyampaian rencana program dari masing-masing Satker/OPD yang diundang. “Kami dari Dinas Kesehatan, menyiapkan tenaga kesehatan di setiap bis jemaah untuk mengantisipasi terhadap kondisi jemaah selain dua unit ambulan yang mengiringi rombongan bis jemaah,” ujar Retno Wulandari Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kab. Pacitan.


Terkait dengan memberikan kesempatan dan perhatian kepada jemaah haji lanjut usia dalam rapat koordinasi ini diputuskan bahwa dalam perjalanan menuju AHES dari Pacitan, akan berhenti memberikan kesempatan kepada jemaah untuk ke toilet di Tegalombo, sholat jama' taqdim dhuhur - asyar di Masjid Agung Ponorogo, dan sholat Jama' taqdim Maghrib – Isya di Masjid Al Akbar Surabaya.


“Sesuai dengan jadwal kita masuk AHES pukul 19.00, insya Allah jika berangkat dari Pacitan pukul 09.00 cukup waktu untuk memberikan keleluasaan jemaah untuk istirahat yang cukup sebelum masuk AHES,” ujar Mutongin sebelum mengakhiri rapat koordinasi ini.

( Adv Kominfo / sus ).

Post a Comment

0 Comments