Kembali Lagi P3TGAI " Lestari Mulyo " Desa Bendoroto Munjungan Trenggalek Dapat Anggaran tahun 2023

 


Trenggalek , radarmerahputih.com - Kelompok HIPPA / P3TGA. Desa Bendoroto Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek Jawa Timur  yang diketuai Sumino  , saat ini sedang melaksanakan kegiatan pembangunan jaringan irigasi sepanjang ( 257 m kanan, 257 kiri ) tinggi 85  yang anggaranya dari APBN tahun 2023. 


Sumino ketua HIPPA / P3TGA Lestari Mulyo  yang diwakili oleh  Sugito selaku bendahara  menjelaskan ," di tahun ini kami mendapat bantuan dana senilai Rp. 195 juta rupiah ( seratus sembilan puluh lima juta rupiah ) ,difokuskan untuk pembangunan irigasi tersier di area persawahan  di dusun   Podang  dengan tujuan untuk mempermudah arus air di sungai tersebut ," ujarnya .


Kucuran dana dari program P3TGAI yang dilewatkan melalui BBWS Das  Brantas dan PUPR setempat  yang  anggaranya dari  APBN tahun 2023 sebesar Rp195 juta ( seratus sembilan puluh lima juta rupiah ) yang dianggarkan untuk Desa Bendoroto Kecamatan Munjungan  Kabupaten Trenggalek Jawa Timur memang sengaja dialokasikan untuk membangun sebuah jaringan irigasi, karena hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan nilai produk  pangan para petani di desa tersebut.



Pembangunan irigasi tersebut menggunakan pekerjaan pasangan berupa batu kali atau batu gunung, dengan susunan batu raen (batu muka) dengan menggunakan campuran semen pasir yang dibentuk sesuai dengan gambar pelaksanaan.


“Pembangunan jaringan irigasi sepanjang 514   Meter ( 257 kanan dan 257  kiri ) ini merupakan program kegiatan HIPPA/ P3TGA Lestari Mulyo  Desa Bendoroto  sebagai upaya menjaga ketersediaan pengairan untuk pertanian lahan persawahan warga desa, sekaligus sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian, untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian, guna mendukung program ketahanan pangan nasional,” terang Sugito Bendahara P3TGA "Lestari Mulyo "Desa  Bendoroto Kecamatan Munjungan Kabupaten  Trenggalek ini ,Selasa  (30/ 05/2023)


Untuk kegiatan pembangunan irigasi dari program P3TGAI tahun anggaran 2023 ini di fokuskan di DI Plapar  , dengan kemungkinan bisa mengairi 42  Ha sawah . 


Berharap untuk program tersebut bisa berkelanjutan untuk tahun depan , untuk P3TGAI ini masyarakat Desa Bendoroto sangat respon kususnya masyarakat petani .


( Rdks / sw ) 


Post a Comment

0 Comments