Tunjang Mobilitas Petani Pemdes Klorogan Membangun Rabat Jalan Beton Menuju Lahan Pertanian Warga

 



Madiun radarmerahputih.com--Untuk mempermudah akses jalan warga dan memperlancar aktivitas di butuhkan sarana jalan yang baik .

Untuk itu Pemerintah Desa (Pemdes) Klorogan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun memprioritaskan pembangunan rabat jalan beton yang terletak di Dusun Sedah RT 13 . Dimana jalan tersebut jalan yang di lalui warga masyarakat desa yang mata pencahariannya sebagai petani.


Kepala Desa Klorogan Drs.Juprianto.M.Si saat ditemui awak media menjelaskan,bahwa pembangunan rabat jalan lingkungan tersebut terealisasi atas aspirasi  masyarakat sekitar dan warga desa yang mempunyai lahan pertanian diarea tersebut, yang tentunya ditetapkan dalam musyawarah Pemdes beserta lembaga  desa 


Pembangunan rabat jalan beton di RT 13 Dusun Sedah ini mengunakan anggaran dana desa tahun 2023 sebesar Rp. 78.090.000. ( Tujuh Delapan Juta Sembilan Puluh Ribu Rupiah) dengan volume panjang 250 meter ,lebar 2,5 meter dengan ketebalan 0,12 meter.

Pembangunan rabat jalan beton tersebut terlaksanakan oleh TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) desa Klorogan yang di kerjakan secara swakelola dengan sistem  PKT( Padat Karya Tunai).



Dengan pembangunan ini diharapkan mobilitas warga bisa meningkat dan mampu  meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Karena sebelum dilakukan rabat jalan beton, masyarakat sering merasa kesulitan saat mengangkut hasil panennya.

Saya yakin dengan terealisasikan pembangunan rabat jalan beton ini ,kendaraan bisa masuk yang nota-bene dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi warga desa yang mata pencahariannya sebagai petani " harap Kades yang sudah menjabat untuk yang kedua kalinya ini.

Saya selaku kepala desa Klorogan mengajak seluruh lapisan masyarakat agar saling gotong-royong dan saling bahu-membahu untuk bersama-sama membangun desa yang kita cintai ini.

Mungkin pemerintahan desa tidak punya kekuatan apa-apa jika tidak ada dukungan dari semua pihak, baik dari warga maupun yang dari pengusaha putra desa.

 

Saat awak media pada Rabu (03/05/2023) melihat lokasi yang di dampingi langsung oleh TPK Wahyu Santosa ,terpampang Prasasti nama proyek,itu menunjukan Pemdes Klorogan selalu mengedepankan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di setiap proyek infrastruktur yang terlaksanakan.(jnd)

Post a Comment

0 Comments