Apel siaga gabungan digelar dilapangan kaliandra resort wilayah kph pasuruan

 



Jatim,radarmerahputih.com.- Dalam rangka menanggulangi terjadinya karhutla di jawa timur tahun 2023, Pemerintah propinsi bersama perum perhutani divisi regional jawa timur dan pihak terkait mengadakan apel siaga gabungan bertempat di lapangan kaliandra resort desa dayurejo prigen kabupaten pasuruan.


Hal itu dilaksanakan berdasarkan surat dari kepala dinas kehutanan propinsi jawa timur no:005/552/123.3/2023 tertanggal 5 juni 2023 untuk mengadakan acara apel siaga gabungan pengendalian kebakaran hutan dan lahan jawa timur yang lebih dikenal dengan istilah (karhutla).


Adapun kegiatan apel bersama yang di gelar pada hari rabu 7 juni 2023 itu melibatkan seluruh jajaran perum perhutani kph se jawa timur yakni (KKPH, Waka korkam, Komandan regu Polhutmob dan 4 orang anggota polhutmob dari setiap Kph mulai Kph Ngawi, Kph Madiun, Kph Saradan, Kph Lawu Ds, Kph Bojonegoro, Kph Parengan, Kph Padangan, Kph Jatirogo, Kph Tuban, Kph Nganjuk, Kph Mojokerto, Kph Jombang, Kph Kediri, Kph Blitar, Kph Malang, Kph Madura, Kph Pasuruan, Kph Probolinggo, Kph Jember, Kph Bondowoso, Kph Bwi Selatan, Kph Bwi Utara dan Kph Bwi Barat).


Dan dari pantauan awak media kusus untuk Kph Pasuruan menghadirkan seluruh Asper dengan di tambah 2 orang KRPH pada setiap BKPH, selain itu dari lmdh juga hadir sejumlah 150 orang.



Sedangkan kalau melihat isi surat dari pemprov jawa timur yang di keluarkan oleh Dinas Kehutanan tertanggal 05 juni 2023 dengan no surat 005/552/123.3/2023 , peserta yang di undang ada sekitar 70 instansi dan atau lembaga yang mana setiap instansi ada yang membawa puluhan personil dan peserta terbanyak dari lmdh sekitar 180 orang anggota di susul dari perum perhutani divreg jatim dengan 150 personil.


Selain itu, ada balai besar terkait, balai taman nasional terkait, BPBD, UPT Kementrian terkait, CDK, Satpol PP, Saka Wana bakti, SMK Kehutanan hingga Forkopimda wilayah seperti Malang, Pasuruan, Mojokerto, Batu dan Jombang juga tampak di undang dalam kegiatan akbar .


Yang bertindak sebagai pemimpin apel adalah Gubernur Jawa timur sendiri dan dalam sambutannya menyinggung "kita tetap membangun komitmen bersama bagaimana melakukan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, bagaimana kita menjaga daya dukung alam dan lingkungan sebaik-baiknya ".


"Kawasan hutan di jawa timur berdasarkan SK MENHUT Tahun 2011 kemudian atas keputusan Mentri Kehutanan dan Perkebunan di refisi bahwa propinsi Jatim memiliki luas kawasan hutan 38,36% dari luas daratan dengan rincian kawasan suaka alam pelestarian alam 233.632 ha, Hutan lindung 344.742 ha dan Hutan produksi 782.772 ha".


Lebih jauh, "Menindak lanjuti rakorsus pengendalian kebakaran hutan dan lahan 20 januari 2023 dan rapat kordinasi brigade pengendalian kebakaran hutan dan lahan 14 maret 2023, maka hari ini bersama kita laksanakan apel siaga gabungan pengendalian kebakaran hutan dan lahan tingkat propinsi Jatim".


"Langkah ini sebagai bentuk kesiap siagaan kita dalam rangka menanggulangi bencana karhutla di Jatim, memastikan kesiap siagaan personil, peralatan , sarana prasarana untuk kebakaran hutan dan lahan serta mengantisipasi prediksi BMKG tentang potensi fenomena elnino tahun 2023 ".



"Menteri dalam negeri telah mengeluarkan instruksi melalui E Mendagri no 1 tahun 2023 tentang kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan kebakaran hutan dan lahan, Gubenur Bupati dan Walikota se Indonesia diperintahkan untuk melakukan langkah-langkah strategis seperti menetapkan status siaga, dan atau tanggap darurat bencana".


"Terutama bencana karhutla tingkat propinsi maupun tingkat kabupaten kota yang di dasarkan pada kaji hasil cepat, memastikan tersedianya alokasi APBD secara optimal, menyiapkan sarana prasarana tentang kesiapsiagaan dalam rangka penanggulangan bencana karhutla di Jatim". Terang Hj.Khofifah Indarparawangsa (tim)

Post a Comment

0 Comments