Disebuah Rumah Baca Dan Taman Bermain Empu, Faizah Memberikan Semangat Dan Memotivasi Agar Perempuan Bisa Lebih Mandiri

 



Pasuruan — radarmerahputi.com-Disebuah rumah baca dan taman bermain Empu di jalan KH. Achmad Dahlan no. 35 RT 03/RW 02, Kelurahan Pohjentrek Faizah Arsalan S.H seorang trainer (pelatih) UMKM dan pemerhati perempuan dan anak, bertemu dan menyapa langsung kepada kaum Ibu-ibu atau perempuan cerdas di wilayah Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Jumat (2 Juni 2024) sore.


Kehadiran Faizah ditengah warga tepatnya tidak lain adalah, untuk memberikan semangat dan juga motivasi agar perempuan bisa lebih mandiri dan berkreatif.


Faizah, dihadapan para perempuan yang hadir mensosialisasikan terkait bagaimana cara pengembangan UMKM baik melalui door to door maupun pemasaran online (media sosial) guna meningkatkan penghasilan domestik.


" Saya terjun langsung ke lapangan sudah beberapa kali, namun di Kota Pasuruan belum pernah dan baru kali ini, artinya saya terjun disini untuk memberikan wawasan dan sumbangsih di tempat saya tumbuh guna membangkitkan maindset agar usaha mandiri perempuan di Kota Pasuruan bisa tumbuh dan berkembang", kata Faizah, perempuan milenial mandiri warga Perum Tambakyudan Makmur, Purworejo, Kota Pasuruan.


Menurutnya, setelah berkelana ke daerah lain bahkan ke luar pulau untuk memberikan wawasan kepada masyarakat, akhirnya Faizah memutuskan untuk bersama para perempuan cerdas di Purworejo supaya lebih bangkit ( dalam hal kemandirian berusaha ).


" Disini kita harus memfasilitasi, yang pertama kita bikin save place atau ruang aman dulu, karena kalau sudah ada ruang aman, baru mereka ada kepercayaan diri untuk sharing. Disitu kita akan memberikan pelatihan yang mudah, sederhana dan bertahap mulai dari door to door hingga pada pelatihan tekhnologi ", jelas Faizah.


Masih menurutnya, dirinya bukan hanya memberikan pelatihan soal pengembangan usaha, Ia juga akan mengajarkan tentang bagaimana cara mengatur manajemen yang baik dan sehat.


" Disini saya nanti juga akan mengajak, bagaimana cara mengatur manajemen finansialnya agar tidak jatuh lagi dan setelah itu kita fasilitasi yang lain ", masih jelas Faizah.


Selain itu Faizah juga menambahkan bahwa kegiatan semacam itu nantinya juga akan rutin dilakukan tiap 3 Minggu sekali dengan bertatap muka langsung kepada masyarakat bahkan hingga menjangkau Ibu Cerdas Kota Pasuruan secara umum.


Sementara itu, Luluk Farida salah satu warga dari kelurahan lain yang juga ikut dalam sosialisasi tersebut menilai bahwa kegiatan semacam itu sangat memberi manfaat, khususnya bagi kaum perempuan mandiri.


" Kalau saya hal seperti ini selalu saya suport, karena disinilah perempuan itu bisa dibangkitkan semangatnya. Kalau diri kita selalu lemah, maka kita tidak akan bisa sukses karena kesuksesan ada di diri kita ", kata Luluk Faridah, perempuan asal Kelurahan Mandaranrejo, Kota Pasuruan.


Luluk mengungkapkan, bahwa modal yang paling utama menuju sebuah kesuksesan adanya semangat, niat dan juga kemauan serta meyakini kekuatan Yang Maha Kuasa merupakan kunci agar seseorang menjadi kuat.


" Bukan dari modal kita berjalan tapi semangat, dan kita tekankan bahwa kita punya Allah SWT satu-satunya untuk kita bisa dan kita kuat. Yang penting kita ada niat dan kemauan, tidak ada manusia itu bodoh dan hanya kemalasan yang membuat kita bodoh serta tidak bisa maju ", terang Luluk.


Sementara itu pula, disisi lain, Khamidah Lia Marta (38th) warga setempat di RT 03/RW 02 yang kebetulan juga selaku pemilik rumah baca dan taman bermain Empu mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebuah hal yang positif khususnya bagi kaum Ibu-ibu.


" Yang ikut disini ada juga Ibu rumah tangga, ada juga yang sudah berkarya namun dengan kapasitas terbatas tentu ini sangat bermanfaat. Dan Saya harap disini juga bisa memberikan banyak motivasi, untuk mengembangkan potensi Ibu-ibu. Mudah-mudahan dari ini bisa berkembang dan Ibu-ibu menjadi lebih maju, baik secara pemikiran, pengembangan diri, emosional, sehingga kita bisa saling suport satu dengan yang lain ", terang Khamidah. (Syah)

Post a Comment

0 Comments