Rapat Paripurna DPRD agenda Pandangan Umum Fraksi DPRD Terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD 2022.

 



Magetan, radarmerahputih.com - Rapat Paripurna DPRD Magetan kembali digelar dengan agenda Pandangan Umum Fraksi DPRD Terhadap Raperda Pertanggungjawaban  Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022, Selasa (20/06/2023).


Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD,  rapat paripurna dipimpin langsung oleh ketua DPRD Kabupaten Magetan, Sujatno. Turut hadir dalam rapat tersebut Bupati Magetan yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Wabup, Nanik Endang Rusminiarti, didampingi sekdakab Magetan, Hergunadi, fraksi-fraksi DPRD, OPD terkait serta tamu undangan lainnya.


Ada 7 perwakilan dari fraksi DPRD yang menyampaikan pemandangan umumnya terhadap laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD T.A 2022 yang telah disampaikan oleh Bupati Magetan. 


Salah satunya perwakilan dari fraksi PDIP Perjuangan yang diwakili oleh Rita Haryati menyampaikan pandangan umum mengenai  terdapatnya perbedaan laporan pendapatan daerah antara LKPJ Bupati 2022 dengan LPP APBD (audited BPK) tahun 2022 yakni sebesar RP. 12.116.445.013,-. 


Atas perbedaan pelaporan tersebut, fraksi PDIP Perjuangan meminta penjelasan kepada Bupati.


"Tentu dengan adanya perbedaan ini kami dari fraksi PDIP Perjuangan mohon penjelasan apa yang menjadi penyebabnya? dan bagaimana hal ini bisa terjadi?" Jelas Rita Haryati.


Di samping itu pada sisi realisasi pendapatan, Fraksi PDIP Perjuangan mengapresiasi atas realisasi berbagai jenis pendapatan daerah utamanya PAD yang melampaui targetnya.


Di kesempatan yang sama Ketua DPRD Magetan, Sujatno, menyampaikan bahwa rapat paripurna kali ini merupakan mekanisme yang harus dilakukan setelah masa anggaran berakhir. 


"Bupati menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD kemudian pada hari ini digelar rapat paripurna penyampaian pandangan umum fraksi DPRD terhadap laporan Bupati," jelas Sujatno.


"Dan di agenda rapat berikutnya akan kita dengar jawaban Bupati atas pandangan umum fraksi-fraksi yang telah disampaikan pada hari ini," imbuhnya.


Diharapkan Sujatno adanya tindak lanjut atas permasalahan yang disampaikan sehingga peran dan fungsi masing-masing bisa berjalan dengan baik. (ik)

Post a Comment

0 Comments