Sedekah Bumi Gejagan , Lestarikan Tradisi Turun Temurun

 




Nganjuk , radarmerhputih.com. - Desa Gejagan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk Jawa Timur , menggelar tasyakuran di kantor desa  dalam rangka Sedekah Bumi , Kamis ( 01/06/2023).


Sedekah Bumi adalah acara tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan oleh warga masyarakat di Desa Gejagan , Sedekah Bumi merupakan bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunianya yang diberikan kepada warga. 



Menurut Dedy Nawan kepala desa Gejagan , usai syukuran menyampaikan ," Acara sedekah bumi sudah merupakan tradisi tahunan. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sekaligus juga sebagai doa permohonan masyarakat Desa Gejagan  umumnya diberikan keselamatan, kesehatan, rizki yang melimpah, serta dijauhkan dari bala/ wabah " ucap Dedy kepada media ini .



Pelaksanaan Sedekah Bumi melibatkan semua elemen masyarakat, mulai dari perangkat desa, para Ketua Rukun Tetangga, Ketua Rukun Warga (RW), tokoh masyarakat, tokoh agama dan perempuan dan masyarakat desa.


Masih menurut Dedy ," untuk kegiatannya masih sama seperti tahun tahun sebelumnya , pagi hari kita laksanakan syukuran atau kenduren di pendopo kantor desa ini , dan selanjutnya pada malam hari ada hiburan langen bekso atau tayub hingga selesai dan ini sudah tradisi , kalau besoknya lagi kita gelar pengajian umum ," ucap laki laki nomor satu di desa Gejagan ini .

( Sw).

Post a Comment

0 Comments