Unsur BKPH Sumbermanjing Kph Malang menghadiri Pembukaan Lat Sar

 


Malang , radarmerahputih.com - Rabu (7/6/2023) dilaksanakan giat upacara pembukaan Latihan Sar TW. II TA. 2023 dan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan secara rutin per triwulan pangkalan Tni Angkatan Laut malang dengan melibatkan sekitar 200 orang meliputi instansi terkait di wilayah Pemerintah Kabupaten Malang, Blitar serta pengelola Pantai wisata Sendiki hingga Modangan.


Adapun yang hadir dalam giat tersebut antara lain Kolonel Laut (KH/W) Dewi Lestari, S.Pd., M.Tr.Hanla., M.M., CRHMP. (Danlanal Malang), Mayor Laut (P) Muhklis (Pasops Lanal Malang), IPTU Heriyani (Kapolsek Sumber manjing Wetan), IPTU Yoni (Kasatpolair polres Malang di wakili Kanit patroli), Sujarwo adi wijayanto (Camat Sumbermanjing wetan), Budi setiyono (Kepala pelabuhan pondokdadap Sendangbiru), Harun (Perwakilan Perhutani KRPH Sumberagung), Sutarto (Mantri perhutani KRPH Bantur), Ansori (Kasi Logistik BPBD Kabupaten Malang)


Dalam keterangannya Danlanal menyampaikan " Latihan Sar merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan Prajurit Lanal Malang, Instansi Terkait dan Masyarakat guna memiliki pengalaman untuk mengantisipasi secara dini, bencana yang setiap saat terjadi ".


"Kegiatan ini merupakan program positif, terutama untuk meningkatkan keterampilan Individu, Kelompok dan Masyarakat ketika menemui situasi dan kondisi yang secara tiba-tiba, kata kuncinya adalah kesiap siagaan dari sumber daya Manusianya, pengetahuan dan penguatan kapasitas masyarakat dalam mengurangi resiko bencana di daerah, perlu mendapat perhatian serius, karena secara geografis wilayah pesisir Pulau Jawa memiliki karakteristik sebagai ‘daerah rawan bencana’ seperti gelombang tinggi, air pasang, bencana banjir, serta kecelakaan di laut akibat cuaca buruk ".


" Tentunya memerlukan kesiap siagaan dan fungsi potensi-potensi Sar yang ada di daerah untuk saling bersinergi dan kerjasama yang baik".


Lebih jauh, Kolonel Laut Dewi Lestari Menjelaskan" Pelatihan teknis sar adalah upaya serius meningkatkan kemampuan dan kualitas sumber daya manusia yang siap siaga mengantisipasi bencana baik sebelum terjadi, saat terjadi, dan sesudah terjadi bencana sehingga perlu didukung masyarakat, ketersediaan infrastruktur yang memadai dan harus mendapat perhatian serius dari kita semua".


" oleh sebab itu, saya sebagai Komandan Pangkalan TNI AL malang sangat berharap agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara berlanjut dan berkesinambungan, guna menumbuhkan kesadaran kita semua ".pungkasnya (Tim)

Post a Comment

0 Comments