KPH Malang Terus Update Legalitas Wana Wisata Dalam Kawasan Hutan

 


Malang - Dalam rangka percepatan status  legalitas pemanfaatan kawasan hutan untuk kegiatan wisata wilayah pengelolaan perum perhutani kph malang.


Hari kamis (24/7/2023) perum perhutani kph malang ada penandatanganan perjanjian kerjasama wisata bertempat di aula 1 kantor kph malang di mulai pukul 09.00 wib hingga selesai sekitar pukul 12.00 wib.


Adapun para pengelola wisata yang di undang antara lain wana wisata lembah merkusi precet, yakni ainun nifa selaku direktur cv.tunas adventure organiser.

Ini merupakan permohonan baru wisata lembah merkusi precet dengan destinasi camping ground juga kolam renang anak,cafe sumber pulo konsep warung desa.


Menurut Adm kph malang lousi triana pada awak media "bahwa loket jalur pendakian batu tulis secara pengelolaan hutan berada di lokasi ex bedengan kelas hutan HKTH petak 180a-1 luas 1,0 ha masuk wilayah rph wagir bkph kepanjen dan secara administrasi masuk desa sumbersuko kecamatan wagir malang ".


Selanjutnya ada wana wisata wahana smile hill dan kariono selaku direktur cv.cakra panca surya merupakan permohonan baru yang merupakan rekreasi alam di bawah tegakan pinus berada dilintasan jalan arah wisata keraton gunung kawi, ini berkonsep wisata kuliner, home stay rumah kayu dengan ada tempat selfie ".


"Smile hill secara pengelolaan hutan berada di petak 170 c-1 kelas hutan KU IX dengan jenis tanaman pinus 1979 dan luas yang dikerjasamakan 0,70 ha masuk rph gendogo bkph kepanjen ,secara administrasi masuk desa balesari kecamatan ngajum malang".


"Selain itu, ada wana wisata alas pakis sumbersuko merupakan jenis perpanjangan kerjasama pemanfaatan kawasan hutan yakni sutrisno selaku ketua lmdh wana lestari desa sumbersuko kecamatan wagir malang.

Dulunya bernama wisata sumbersuko forest park (sesuai adendum perubahan 7 maret 2022)".


"Destinasi wisata yang ditawarkan adalah kuliner, gazebo serta selfi dengan panorama alam dibawah tegakan pinus, ini masuk petak 108 d, kelas hutan KU III pinus  tahun 2022 dan luas 1,5 ha yang di kerjasamakan dalam pangkuan rph wagir bkph kepanjen secara administrasi masuk desa sumbersuko kecamatan wagir malang".


"Dan yang terahir tandatangan pks hari ini adalah wisata alam 'Ecowisata Cantigi Camping Ground' merupakan perpanjangan kerjasama pemanfaatan hutan untuk wisata alam dan wisata edukasi tanaman kopi.

Kemaren saat pandemi sempat vakum dan baru saat ini pihak mitra melakukan pembersihan lokasi serta penataan site plan wisata ".


"Mereka setelah sekian lama vakum dan sekarang sanggup membayar kompensasi fix sharing (jasa lingkungan camping ground ,hasil dari buah kopi sesuai dari hasil ubinan) lokasi ini dalam petak 95 d kelas hutan HL dengan luas 0,64 ha untuk camping ground serta luas wisata edukasi tanaman kopi petak 95 a kelas hutan TKL dengan luas yang dikerjasamakan 4,36 ha ,sehingga total luas Ecowisata Cantigi Camping Ground dan tanaman kopi 5,0 ha rph karangan bkph singasari masuk wilayah administrasi desa donowarih kecamatan karangploso malang ". Pungkas adm kph malang (tim)

Post a Comment

0 Comments