Pemkab Nganjuk Bangun Bronjong di Bantaran Sungai Karangsemi - Senjayan Gondang , Cegah Longsor .

 


Nganjuk ,radarmerahputih com-Pemkab Nganjuk melalui Dinas PUPR  bangun bronjong di bantaran sungai Desa Karangsemi - Senjayan kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk Jawa Timur .


Mengapa dikatakan Bronjong dibangun di bantaran sungai Karangsemi - Senjayan ? 

karena sungai tersebut merupakan sungai penyambung desa antara desa Karangsemi dengan desa Senjayan , Bronjong tersebut berfungsi  untuk cegah longsor.



Berdasarkan pantauan media ini di lapangan, Senin (03 / 07 / 2023 ), sejumlah pekerja pembuat bronjong terlihat sibuk menata batu  pada  untuk membangun bronjong di bantaran sungai Desa Karangsemi - Senjayan  Kecamatan Gondang .


Drs Gunawan Widagdo kepala Dinas PUPR Nganjuk kepada media ini mengatakan bahwa "Bronjong dibangun sepanjang bantaran sungai Desa Karangsemi - Senjayan ini berfungsi sebagai  penahan longsoran tanah yang berada di sisi jalan, karena sungai yang dipasangi bronjong ini tepat berada di pinggiran jalan utama desa Karangsemi - Senjayan ," ujar Kepala Dinas .



Gunawan juga menjelaskan  keberadaan bronjong cukup dibutuhkan pada sungai tersebut, mengingat tanah di bantaran sungai sangat rentan mengalami longsor.


"Tanahnya memang rentan longsor di sana, jadi dibangunlah bronjong, agar memperkuat struktur tanah," terangnya.


Bronjong memang sengaja ditaruh pada area bendungan, sungai, saluran irigasi, tembok jembatan darurat, dan check dam supaya tanah di sekitarnya tidak terguncang. 


Bronjong atau yang juga lebih dikenal sebagai gabion memiliki tugas untuk mencegah tanah longsor dan erosi. Penempatan bronjong diharapkan dapat meminimalisir korban yang berjatuhan ketika longsor terjadi.


( Adv/ sw ) .


Post a Comment

0 Comments