Penuhi Kebutuhan Pupuk Warga, Pemdes Pingkuk Adakan Pelatihan Fermentasi Pupuk Organik.

 


Magetan, radarmerahputih.com - Guna memenuhi kebutuhan pupuk warga, Pemdes Pingkuk, Kecamatan Bendo, Magetan adakan pelatihan fermentasi pupuk organik pada Kamis 06/07/2023.


Bertempat di Gedung Bumdes Gemilang Desa Pingkuk, pelatihan diikuti oleh beberapa perwakilan dari tiga Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang berada di kawasan desa. 


Menurut Kepala Desa Pingkuk, Ajis Santoso, inisiatif pelatihan ini dilaksanakan karena melihat adanya kekurangan pemenuhan kebutuhan pupuk di lapangan.

"Itulah alasan kenapa kita mempunyai terobosan untuk membuat pupuk sendiri," tuturnya.


Lebih lanjut dijelaskan Ajis Santoso, pelatihan pembuatan pupuk organik ini bekerja sama dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Bendo yang bertindak sebagai narasumber.


"Kita mengundang narasumber sebagai pelatih pembuatan fermentasi pupuk organik dari BPP Kecamatan Bendo ini karena selama ini beliau beliaulah yang mendampingi semua kegiatan pertanian di Desa Pingkuk. Jadi mereka tahu struktur tanah Desa Pingkuk, serta komposisi-komposisi yang harus diterapkan sesuai dengan tekstur lahan pertanian," jelas Kepala Desa Pingkuk.


Dengan bahan baku yang berasal dari kotoran sapi yang tersedia di lingkungan, fermentasi pembuatan pupuk organik ini berbasis ramah lingkungan. Dalam kegiatan pelatihan dijelaskan kepada masyarakat cara dan bahan pembuatan pupuk organik dengan komposisi yang telah ditentukan. Yakni dengan bahan baku kotoran sapi sebanyak 500 kg, bekatul 5% dari jumlah kotoran sapi yang digunakan, kapur/dolomit 1% dari bahan baku, sekam 10% dari bahan baku, 1 botol EM4, 1Liter tetes dan air secukupnya.


Ajis Santoso berharap dengan diadakannya pelatihan ini kelompok tani yang ada di masyarakat bisa memahami tata cara pembuatan fermentasi pupuk organik dengan komposisi yang telah ditetapkan.

"Jadi bahan baku yang selama ini ada lingkungan mereka yang belum diolah secara maksimal ternyata dengan campuran beberapa bahan sesuai komposisi tertentu ternyata bisa menghasilkan pupuk dengan kualitas yang luar biasa," tutupnya. (ik)

Post a Comment

0 Comments