DISPARPORA Gelar Pelatihan Pengelolaan Homestay Dalam Rangka Mendukung Program TMMD Ke-117

 


Madiun,radarmerahputih.com--Dalam mengembakan pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (DISPARPORA) Kabuputen Madiun bersama TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) megelar pelatihan pengelolaan homestay di desa wisata yang bertempat di aula gedung desa Kare Kecamatan Kare pada Kamis (03/08/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh 34 orang peserta yang terdiri dari Kelompok Sadar Wisata(Pokdarwis) pemuda dan pengelola pelaku wisata.


Diawali dengan sambutan dari Kades Kades Kare Sunarno yang mempromosikan desa Kare mempunyai Sekar Wilis Resto dan Eco Adventure yaitu jalur pendakian lingkar wilis Madiun tembus Ngebel Ponorogo.


Dari Disparpora yang wakili oleh Kepala Bidang pengembangan pariwisata Mokh. Hamzah Nugrohanto mejelaskan, " Bangunan homestay biasanya berada dekat dengan kawasan wisata yang berfungsi untuk disewakan kepada wisatawan. Dimana wisatawan bisa secara langsung melihat kehidupan sehari-hari bahkan menjalani kehidupan seperti penduduk lokal ,tentunya didukung fasilitas yang memadai tidak harus mewah seperti hotel. Karena Desa Wisata itu yang dijual eksperimenya bukan selfienya" jelasnya.



Sementara dari Dandim 0803 Madiun diwakili oleh Pasilog Kodim Madiun Kapten Cba Mulyono mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian sasaran nonfisik program TMMD ke 117 Kodim Madiun dalam membangkitkan potensi wisata Kecamatan Kare khususnya dan wilayah Kabupaten Madiun pada umumnya.


Nara sumber dari praktisi desa wisata yang dihadirkan oleh Disparpora Bernadi Sambit Dangin menguraikan konsep pengembangan desa wisata yang harus mempunyai 3 unsur yaitu, Atraksi sebagai daya tarik utama ,Amenitas sebagai fasilitas pendukung  yang dimiliki dan Aksesibilitas yang dapat diartikan sebagai beragam akses wisatawan ketika hendak berkunjung di desa wisata.

" Mudah-mudahan melalui pelatihan ini bermanfaat untuk pelaku  wisata desa Kare dan diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata ke homestay yang ada di desa Kare" harapnya.(jnd)

Post a Comment

0 Comments