DISPERTA Kabupaten Madiun Mengadakan Kegiatan Penyuluhan Pertanian Sekolah Lapang DBHCHT

 


Madiun,radarnerahputih.com-- Melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), sedikitnya 80 petani tembakau yang tergabung dalam Kelompok Tani Mugi Lestari dan Karya Tani Desa Cermo Kecamatan Kecamatan Kare Kabupaten Madiun, mendapatkan penyuluhan pelatihan budidaya tanaman tembakau,kamis (10/08/2023).


Penyuluhan Sekolah Lapang yang digelar Dinas Pertanian dan Perikanan(Disperta) Kabupaten Madiun di Aula Desa Cermo Kecamatan Kare  Kabupaten Madiun ini di hadiri langsung oleh Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro ,Kepala Dinas Pertanian Dan Perikanan Sumanto beserta Seluruh Kepala Bidang, perwakilan dari PT.Sadhana Arif Nusantara dan pemateri dari Rektor Unmer Madiun Luluk Sulistyo Budi.



Dalam sambutanya Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sumanto menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Madiun yang bersedia hadir langsung di setiap giat yang diselenggarakan oleh Disperta.

" Kalau acara ini lain-lainya hanya pelengkap ,yang paling utama adalah kita semua masyarakat Kare khusunya Desa Cermo bisa bersilahturahmi dan bertatap muka langsung dengan Beliaunya Pemimpin Kabupaten Madiun ini yang sangat respect dalam bidang pertanian "ungkapnya.

Sumanto menjelaskan Sekolah Lapang DBHCHT ini, salah satunya untuk mengedukasi petani tembakau, bagaimana bisa orientasi tembakau memiliki kualitas dan kwantitas baik sesuai harapan pasaran.



Sementara saat di wawancarai dengan awak media Bupati Madiun yang punya sapaan akrab Kaji Mbing ini ,berharap tanaman tembakau ini nantinya bisa menjadi potensi alternatif tanaman yang bisa di budidayakan di Kabupaten Madiun ,yang  tentunya sangat menguntungkan. Maka saat dibangunlah komitmen dengan perusahaan tembakau di kabupaten Madiun tepatnya di Kare ,yang nantinya akan menyusul di kecamatan lain,seperti Saradan, Pilangkenceng dan seluruh petani tembakau Kabupaten Madiun .


Komoditi menanam tembakau itu peluangnya besar sekali selain membantu pemerintah dalam hal cukai, tembakau juga bisa difungsikan sebagai anti oksidan,pestisida nabati ,kosmetik dan masih banyak lagi fungsinya " jelas Kaji Mbing.(jnd)

Post a Comment

0 Comments