IPA Goa Kalisat Perumda Tirkan dikunjungi Tim Seknas RPAM BPPN

 


Radarmerahputih com -Tim seknas RPAM mengunjungi Perumda Tirta Kanjuruhan (21/8/2023), kunjungan diawali pertemuan di perumda air minum Kabupaten Malang guna membahas kemajuan penyusunan doc RPAM yang di dalamnya terdapat 11 modul mulai dari profile SPAM, rencana pengkajian serta revisi RPAM dari 4k menjadi 1k .


Adapun kedatangan tim seknas RPAM dipimpin oleh ibu Nur Aisyah Nasution selaku koordinator bidang air minum dan sanitasi pada Direktorat perumahan dan permukiman disambut oleh Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan H.Syamsul Hadi.


Dan kegiatan dibuka dengan diskusi antara Tim seknas RPAM dengan Tim RPAM perumda tirkan terkait materi progres doc RPAM dan salah satu nya adalah instalasi pengolahan air goa Kalisat kecamatan Donomulyo kabupaten Malang.


Setelah itu, Tim seknas di antar oleh direktur teknik perumda tirkan Ir.H.Haris Fadillah beserta tim RPAM perumda Tirta Kanjuruhan menuju lokasi SPAM goa Kalisat.


Salah satu pertimbangan penyusunan dokumen RPAM IPA Goa Kalisat karena pada SPAM Tersebut menggunakan pengolahan dan pendistribusian lengkap dengan sumber air yang berasal dari air permukaan debit potensial 200 lt/dtk.

Saat ini IPA Goa Kalisat untuk melayani pelanggan dua desa yakni Banjarejo dan Kedung salam sejumlah 2.467 sr.



Ini menggunakan sistem pendistribusian melalui pompa summer sible dengan sistem operasional Scada (supervisory Control and data acquisition) dan tim seknas mengawali giat di IPA goa Kalisat dengan peninjauan Sumber mata air yang di pakai memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut dengan menuruni anak tangga 500 meter.


Sedangkan pada lokasi di bawah,tim seknas berdiskusi dengan Tim teknik area Tersebut dan dilanjutkan bangunan IPA, control serta pompa agar mengetahui lebih detail proses pengolahan dan pendistribusian air sebelum masuk ke pipa distribusi utama dan layanan.


Selain itu, Tim seknas cek aliran air secara langsung ke beberapa pelanggan untuk memastikan air yang telah terdistribusi ke pelanggan telah memenuhi kualifikasi standar air. Dari kunjungan tersebut, tim seknas telah melihat dari dekat penerapan RPAM berdasarkan identifikasi resiko yang telah dikendalikan dan ada saran untuk pengembangan proses pengolahan dan pendistribusian air dari IPA Goa Kalisat serta apresiasi atas penerapan RPAM Goa Kalisat. (Tim)

Post a Comment

0 Comments