Ke 8 Refleksi Kepemimpinan Kang Marhaen


            ( kang marhaen / bupati Nganjuk ) 


Nganjuk,radarmerahputih com - Perjalanan panjang Kang Marhaen menjadi Pemimpin Masyarakat Nganjuk memberi arti yang sangat besar. Yang dilakukan Kang Marhaen benar benar memberikan perubahan pada masyarakat baik dari sisi perilaku maupun wujud nyata hasil pembangunan. Pepatah mengatakan pemimpin lahir bukan karena Ijazah, tetapi karena kerja keras dan kepedulian yang terus diasuh, dan itu ada di Kang Marhaen. 


Pemimpin yang baik tidak terlalu banyak bicara, tetapi selalu menghadirkan optimis di batin semua aparaturnya. Pemimpin selalu memperkuat nilai nilai budaya dalam kepribadian dalam system organisasi, sehingga pegawainya memiliki perilaku kerja yang berbudaya dan system kerja pun memiliki nilai nilai budaya.


Sebagai akademisi dan aktifis Kang Marhaen menggabungkan nilai kepemimpinan inovatif kontemporer dengan nilai luhur budaya rakyat Nganjuk. Kang Marhaen mencintai rakyat Nganjuk dan membawa mereka pada kebaikan dan keselamatan. Maka tidak heran jika apa yang dilakukan menjadi inspirasi masyarakat. Sikap fleksibel dan kecerdasan yang dilakukan Kang Marhaen mampu menyentuh hati masyarakat, sehingga masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang dilakukan.


Tugas pemimpin bukan untuk memberikan kepuasan saja tetapi yang terpenting adalah menjadi solusi dari berbagai macam persoalan dan permasalahan masyarakat. Strategi penyelesaian masalah dengan sat set, das des dan tuntas telah menjadi trade merk Kang Marhaen selama menjabat Bupati di Nganjuk. Hal tersebut dapat kita lihat dari beberapa WA Group yang menyampaikan masalah pendidikan, jalan rusak, keluhan tentang pelayanan kesehatan, orang miskin yang perlu diintervensi dan masih banyak yang lainnya.


Kang Marhaen telah melakukan beberapa kebijakan yang pro poor, mengutamakan pelayanan masyarakat, dan banyak pembangunan infrastruktur yang fenomenal di Nganjuk. Semua akan menjadi histori sejarah bagi Kabupaten Nganjuk dan Kang Marhaen, maka seluruh masyarakat harus merawat dan menjaga dengan baik. Prasasti kebaikan akan menjadi motivasi masyarakat untuk berkembang dan maju untuk untuk diri sendiri dang lingkungannya.


Apresiasi dan Prestasi besar dan membanggakan tersebut tidak lepas dari peran serta dan dukungan dari semua pihak mulai dari jajaran unsur Forpimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita, media massa, LSM dan semua lapisan masyarakat yang terlibat langsung.


Nganjuk Bangkit memang harus dilanjutkan, maka Kang Marhaen bercita cita untuk melanjutkan pembangunan Nganjuk dari hal hal yang kecil, namun berfikir universal demi kemaslahatan dunia. Personal Leadership Kang Marhaen telah menyatu dengan masyarakat Nganjuk, sehingga sangat mudah untuk mempercepat pembangunan di semua lini kehidupan. 


Sebagai Bupati yang beriman Kang Marhaen memiliki sikap amanah dan tanggungjawab. Semoga Allah memberikan kemudahan dan jalan yang mudah untuk mewujudkan cita cita mulia tersebut. ( rdks ) .

Oleh : HM Basori M./ Sekolah Perubahan

Post a Comment

0 Comments