Musik Thek Thur Pos Kamling Binaan Polres Magetan berkumandang di RRI Pro 3

 



Magetan; - Menciptakan keamanan lingkungan tentu peran dan partisipasi masyarakat sekitar sangat penting. 

Dalam hal ini Polres Magetan melalui Sat Binmas aktif memberikan melakukan pembinaan Pos Kamling lewat Program Revitalisasi, Sat Binmas gencar mengaktifkan kembali pos Kamling yang sempat mati akibat dampak Covid-19 yang lalu.


Dalam kesempatan Kamis malam (3/8/2023), Polres Magetan berkesempatan untuk melakukan Live dialog interaktif dengan RRI Pro 3, Jaringan berita Nasional dalam acara “Ngobrol di Pos Kamling”. Dalam acara tersebut host RRI Pro 3 mewawancarai Kasat Binmas, AKP Pujianto, SH langsung di lokasi pos kamling Kel/Kec Panekan Kabupaten Magetan.


"Bagaimana situasi di wilayah magetan dibulan Muharram ini terkait kegiatan perguruan pencak silat di sana pak?.”


Kasat Binmas menyebutkan bahwa secara umum wilayah Magetan aman kondusif berkat sinergi tiga pilar yang berperan aktif memotivasi masyarakat Magetan, termasuk para perguruan pencak silat bersama-sama berperan menjaga kondusifitas wilayah.



“Dari sejumlah perguruan pencak silat yang telah terdaftar di IPSI, sepakat dengan slogan "Sing Akur Kabeh Sedulur" yang berarti Kita Harus Akur & Rukun, Karena Kita Semua Adalah Saudara, terbukti di Magetan bisa nihil konflik sosial," jawab Pudji 


Dengan implementasi antara lain sering kali digelar turnamen pencak silat, baik itu Dandim Cup ataupun Kapolres Cup dalam pelaksanannya berjalan aman kondusif,  


"Slogan "Sing Akur Kabeh Sedulur" ini telah dijabarkan oleh masing-masing perguruan dengan berbagai macam kegiatan maupun tindakan, sehingga alhamdulillah sampai dengan saat ini di Magetan zero insiden.” terang AKP Puji.


Di kesempatan itu pula anggota Pos Kamling berkesempatan menunjukkan aksinya memainkan alat kentongan yang dinamakan dengan musik "Thek Thur." Musik ini biasa dimainkan ketika anggota Pos Kamling tengah melaksanakan patroli di rumah-rumah warga dan lingkungan sekitar.


Sudah menjadi tanggung jawab polri khususnya polres magetan untuk menciptakan situasi kondusif di lingkungan area polres magetan. Namun dalam pelaksanaan tugasnya, partisipasi aktif dari masyarakat tentunya dapat mewujudkan Harkamtibmas yang mantap. 


Dalam tugasnya, anggota Pos Kamling membantu tugas Polri dalam pelaksanaan tugas Patroli dan TPTKP terbatas, sehingga program Pemolisian Masyarakat juga dapat terealisasi dengan baik untuk keamanan dan kenyamanan bersama. (Hum/ik)


Post a Comment

0 Comments