Salah Satu Bentuk Dukungan Kepada Pemerintah Untuk Melanjutkan Proses Pembangunan JLU, Awur Gelar Aksi Damai Di Pemkot

 


Pasuruan - radarmerahputih.com-Dalam rangka turut serta mendukung proses lanjutan pembangunan Jalur Lingkar Utara ( JLU ), Awur ( Aliansi Warga Utara ) gelar aksi damai di Kantor Pemerintah Kota Pasuruan, Kamis ( 3 Agustus 2023 ) pagi.


Diketahui, aksi damai tersebut selain diikuti masyarakat yang berdominan warga Pantura tersebut, aksi damai tersebut juga  beberapa tokoh - tokoh dari pantura dan didukung langsung oleh gabungan NJO serta LSM di Pasuruan, diantaranya LSM Gajah Mada, PUSAKA, AMCD, Gempar, Korak Indone sia, Cakra Berdaulat, LMPI Jatim, Trinusa, Mahally, Garda Pura, Metak, GP3H, PMDM dan LBH Pijar.


Dalam menanggapi aksi damai, Wali Kota Pasuruan Drs. H Saifullah Yusuf ( Gus Ipul ) dengan didamping Sekretaris Daerah Rudianto bersama bebepara Kepala OPD mempersilahkan beberapa perwakilan untuk menuju ruang rapat Untung Suropati untuk menyampaikan aspirasi.


Gus Ipul mengatakan bahwa hal ini pihak menyambut baik. Dirinya mengatakan bahwa pembangunan JLU ini sudah ada di RPJMD dan pihaknya sangat berterima kasih, dengan dukungan seperti ini yang menurutnya program kita itu sesuai dengan keinginan masyarakat setempat terutama, dalam rangka pemerataan pembangunan yang ada.


" mala buat saya aneh kalau ada yang menolak, itu aja. Tapi meskipun begitu kita tetap menghargai Dan untuk yang hari ini datang untuk menyampaikan aspirasi untuk diteruskan dengan ukuran - ukuran yang jelas. Disini sudah cukup jelas kami mengapresiasi dan kami berterima bahwa memang program kami seiring, sejalan dengan aspirasi masyarakat. Kalau prosesnya saat ini bisa dikatakan sekitar 30% an, do'akan saja kita sudah punya dana cadangan yang tadi sudah saya sampaikan tinggal nambahin lagi kekurangannya ", terang Gus Ipul dihadapan awak media seusai audensi.


Sementara itu, salah satu pendamping aksi damai Rachmad Tjahjono atau biasa di kenal Yono ini menjelaskan bahwa  Kegiatan ini merupakan murni aspirasi warga utara, dirinya bersama teman - teman LSM lainnya merupakan turut serta mendukung, membantu serta memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah .


" Ini merupakan salah satu syarat pentingnya ketika Pemerintah dalam melakukan pengembangan pembangunan khususnya diwilayah Pantura adalah ketersediaannya infrastruktur yang memadai. Infrastruktur ini salah satunya adalah JLU, makanya ketika mau membangun diwilayah sana ( Pantura ) JLU realisasikan dulu, ketika JLU sudah terealisasi maka pembangunan - pembangunan diwilayah Pantura akan lebih mudah. Apa lagi yang disampaikan Pak Wali Kota tadi Pemerintah Kota sudah beretikat baik untuk menyediakan persiapan pengembangan pembangunan yaitu dengan melakukan perubahan - perubahan RTRW ".


" Dan RTRW inikan sudah selesai, berarti ini sudah masuk dalam tahapan pengembangan pembangunan. Kalau RTRW sudah tertata dan tersusun maka sekarang ketersediaan infrastruktur yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Kota ketika mau melakukan pengembangan pembangunan ", jelas Yono.


Sementara itu, disisi yang sama hal tersebut juga ditambahkan langsung oleh Alimudin Ketua LSM Gempar yang juga selaku pendamping aksi bahwa kegiatan semua murni sebagaian besar warga Pantura.


" Tentu kita berharap JLU supaya dilanjutkan dan cepat dilaksanakan oleh pemerintah Kota, dari situlah  ada peluang investor masuk ke wilayah kota Pasuruan karena disana jug sudah masuk dalam tata ruang industri. Dan Alhamdulillah tadi kita sodorkan kepada Wali Kota tentang pernyataan yang dibuat oleh kita yang ditanda tangani langsung oleh Wali Kota, ini nantinya bisa dijadikan salah satu bukti kongrit bahwa Pemkot masih serius untuk melanjutkan proyek JLU ", tambahnya.


" Dan kita NJO yang tergabung dalam aliansi Awur sudah melaksanakan audensi bersama Bapak Wali Kota, Alhamdulillah Bapak Wali Kota sudah terima dan menandatangani kesepakatan bahwa JLU Dilanjut dan tidak ada kata berhenti. Kita yakin bahwa dengan adanya JLU nantinya kemaslahatan kesejahteraan warga Pantura akan terealisasi atau tercapai ", saut Misbahul Munir salah satu kordinator aksi. ( Syah )

Post a Comment

0 Comments