Sedekah Pasar , Tumpeng Raksasa Ludes Diserbu Warga Saat Mas Aji Bupati Tiba Di Lokasi .

 



Pacitan ,radarmerahputih.com  -Sedekah Pasar sekaligus meriahkan  HUT RI ke 78 , warga masyarakat Pacitan juga para pedagang pasar Minulyo  penuh sesak memadati halaman depan , Sabtu (29/07/2023) .


Tampak dilokasi ,bukan hanya para pedagang maupun pembeli, namun dari masyarakat umum pun sangat antusias mengikuti agenda tahunan tersebut.


Sejak  pagi sekali warga sudah menyemut mengelilingi 9 gunungan (tumpeng kerucut) terbuat dari berbagai macam sayur mayur, perabot dan kebutuhan dapur, buah buahan hingga ragam jajanan pasar. Seakan tidak sabar lagi menunggu, warga langsung berebut gunungan saat Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji  (Mas Aji) tiba di lokasi acara. Tak ayal, 9 gunungan raksasa tersebut ludes dalam waktu singkat.  "Mohon maaf Pak Bupati, tumpeng-tumpeng untuk sedekah lasar sudah habis karena saking antusiasnya warga," terang Ketua Panitia sekaligus Ketua Paguyuban Pasar Minulyo M. Anshori.  


Menurut M. Anshori, sedekah tumpeng ini merupakan inisiatif dari warga pasar sebagai wujud syukur kita kepada Yang Maha Kuasa , dengan acara sedekah pasar ini  selain menjadi ajang silaturahmi, acara ini juga menjadi momentum untuk berbagi," ujar ketua paguyuban pasar Anshori .



Anshori berharap kegiatan ini mendapat perhatian pemerintah daerah bahkan bisa menjadi daya tarik wisata. 


Menurut Anshori , "semua  bahan untuk membuat gunungan atau tumpeng merupakan sumbangan murni dari pedagang Pasar Minulyo." Katanya .


Dalam kesempatan itu pula Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji  (Mas Aji) mengatakan ," secara pribadi maupun kedinasan , saya sangat mengapresiasi kegiatan sedekah pasar ini , ini bisa menjadi motivasi pasar yang lain , "ujar mas Aji di sela sela acara .


Pantauan awak media ini , acara diakhiri dengan doa bersama dan pemotongan tumpeng,

Dilanjut ,mas Aji pun mengikuti prosesi kirab tumpeng mengitari kompleks Pasar Minulyo. 

(  Sus/ adv ) .

Post a Comment

0 Comments