Selaraskan Kurikulum , SMKN 1 Nganjuk Terapkan Program SMK PK

 

( Bangunan ruang lab dari program SMK PK ) 

Nganjuk ,radarmerahputih.com - Untuk menuju SMK PK (Pusat Keunggulan) Skema Pemadanan SMKN  1 Nganjuk Jawa Timur telah melakukan berbagai kegiatan di tahun kedua ini antara lain Workshop Perancangan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Media Pembelajaran, yang disupport dari program bantuan Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Pengembangan Lanjutan (Non Fisik) SMK Pusat Keunggulan.


Penyelarasan kurikulum dan bahan ajar, yaitu program Bantuan Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Pengembangan Lanjutan (Non Fisik) SMK Pusat Keunggulan dan Pemadanan dan In House Training Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) SMK Pusat Keunggulan/SMK PK.


Adapun bantuan alat yang telah diterima dari Dirjen Vokasi  untuk kompetensi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB)


SMK Pusat Keunggulan Pemadanan yang didukung oleh Dirjen Pendidikan Vokasi ini diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan industri karena dalam Skema Pemadanan dukungan mengedepankan semangat kolaborasi pendidikan Vokasi dengan industri, yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau wirausaha melalui keselarasan yang dilaksanakan secara komperhensif bersama industri.


Heru Hertanto  kepala SMKN 1 Nganjuk melalui Hery tim pelaksana kegiatan PK menyampaikan ," pada program SMK PK Skema Pemadanan memiliki peran penting, yaitu SMK harus mampu memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbudristek sehingga hanya SMK yang sudah memasuki tahapan kematangan yang terpilih untuk mengikuti Program SMK PK Skema Pemadanan Dukungan." Ujarnya kepada media ini .


Pada program SMK PK Skema Pemadanan Dukungan tersebut, Kemendikbudristek dan Industri sama-sama memiliki peran penting. Pertama, SMK harus mampu memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbudristek sehingga hanya SMK yang sudah memasuki tahapan kematangan yang terpilih untuk mengikuti Program SMK PK Skema Pemadanan Dukungan.



Masih menurutnya bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan program SMK PK Skema Pemadanan Dukungan adalah untuk mengatasi tantangan Industri dalam hal pemenuhan talenta (Talent Pool) dan efisiensi produksi.


Talent pool ini dapat dilakukan melalui pelatihan, project based learning, penyelarasan kurikulum, pemagangan serta upskilling dan reskilling Guru Kejuruan.


Melalui kegiatan program SMK PK ini juga dapat menjadi bagian dari penyuplai komponen Industri, sehingga diharapkan mampu meningkatkan efisiensi Industri dalam pengeluaran operasional (operating expenditure) dan pengeluaran modal (capital expenditure).


Selain kedua model tersebut, SMK PK Skema Pemadanan Dukungan juga dapat menjadi agenda tanggung jawab sosial Industri dalam program Corporate Social Responsibility. 



Program SMK Pusat Keunggulan berfokus pada pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia kerja. Tujuannya untuk menjadi SMK rujukan yang memiliki semangat pengimbasan serta pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.


Intervensi yang dilakukan di antaranya implementasi Kurikulum Merdeka, pelatihan, magang dan sertifikasi guru serta kepala SMK, perencanaan berbasis data, bantuan sarana prasarana, pendampingan dan koordinasi dengan pemda.


Hasil akhir yang diharapkan yaitu  peningkatan kualitas dan kinerja SMK pada aspek kerja sama dan keselarasan dengan dunia kerja, kepemimpinan sekolah dan keterserapan lulusan.


Saat ini, SMK Pusat Keunggulan terbagi menjadi dua skema yaitu  Skema Reguler yang mana intervensi dasar dan/atau lanjutan oleh Kemendikbudristek dan Skema Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Dukungan, yang mana pengembangan berbasis kemitraan dan penyelarasan dengan partisipasi dari dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja.


Sebagai bahan informasi , untuk kegiatan fisik SMK PK di SMKN 1 Nganjuk ini di fungsikan untuk pembangunan 1 gedung RPS , 1 ruang kantor , dan dua ruang Lab , bicara tentang Dunia Industry ya h sudah bekerjasama dengan pihak SMKN 1 Nganjuk yaitu PT Buana Arsitek dan Bandung Elektro .

( rdks /sw ).

Post a Comment

0 Comments