SPAM Tower Tugu Tirta diresmikan oleh Wali Kota Malang H.Sutiaji

 



Sebagai upaya percepatan kemandirian air minum, pemerintah Kota Malang melalui Perumda Tugu Tirta menginisiasi program sistem penyediaan air minum (SPAM) baru di sejumlah titik yang tersebar dilima Kecamatan .


Dimulai tahun 2019, ada total 10 SPAM yang dikerjakan yakni SPAM Betek, Tlogo mas, Tasik madu, Joyo agung, Tidar, Mulyorejo, Sawo jajar, Pisang candi, Kebon sari dan Merjosari yang segera tuntas.


SPAM tersebut diresmikan langsung oleh wali Jota Malang Drs.H.Sutiaji rabu (20/9/2023) secara simbolis dan launching dilakukan di SPAM Sawojajar yang bertempat di area kantor pusat Perumda Tugu Tirta serta ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Malang.


Adapun kapasitas dari SPAM tersebut 1000 m3 dengan kapasitas produksi hingga 40 lps, hal itu merupakan salah satu jawaban untuk mengatasi keterbatasan air baku di Kota Malang dan terkait kualitas produksinya telah dipastikan memenuhi syarat uji kualitas air minum sesuai Permenkes no.492 tahun 2010.


SPAM ini berbentuk ikonik dan di siapkan menjadi salah satu Landmark Kota Malang bernama Tower Tugu Tirta ditargetkan mengcover layanan diarea Kecamatan Kedung kandang , terutama wilayah Sawojajar , Madyopuro, Lesanpuro hingga kawasan Buring.


Dan Dirut Perumda Tugu Tirta M.Nor Muhlas.Spd.Msi menegaskan "adanya SPAM baru ini akan menunjang keberadaan sumber dan reservoir yang lebih dulu ada, sehingga layanan ke pelanggan menjadi semakin stabil dan saya menyadari masalah penyediaan air baku untuk menjaga stabilitas layanan ke seluruh pelanggan masih menjadi tantangan besar yang harus di hadapi Perumda Tugu Tirta kedepan nya ".


Lebih jauh, "karena itulah di era kepemimpinan Walikota Sutiaji banyak program yang di jalankan untuk menjawab tantangan tersebut dan diantaranya dengan pembangunan sejumlah SPAM baru dan Water Treatment Plant (WTP) Sungai Bango ".pungkas nya (tim)

Post a Comment

0 Comments