Tingkatkan Pemenuhan Kebutuhan Air Pertanian, DPUPR Rehabilitasi Jaringan Irigasi Krau Krau Joketro.

 

( proses pengerjaan rehabilitasi jaringan irigasi krau krau Joketro, Kecamatan Parang, Magetan



Magetan, radarmerahputih.com - Irigasi atau pengairan menjadi hal penting dalam pertanian. Tanpa adanya pengairan yang baik maka tanaman tidak bisa tumbuh dengan maksimal. Hal tersebut juga akan sangat berpengaruh terhadap hasil panen nantinya.


Untuk itu Pemerintah Kabupaten Magetan melalui DPUPR Bidang SDA lakukan rehabilitasi jaringan irigasi krau krau Desa Joketro, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan.


Dengan menggandeng CV. Mahkota Pesona sebagai kontraktor pelaksana dan CV. Cakra Tirta sebagai konsultan pengawas diharapkan rehabilitasi jaringan irigasi krau krau ini dapat dikerjakan dengan baik.


Kepala Dinas PUPR, Muhtar Wakid, melalui Kepala Bidang SDA, Yuli K Iswahyudi mengatakan, bahwa pemenuhan kebutuhan air untuk pertanian sangatlah penting demi mendukung kesejahteraan masyarakat yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.


"Dengan anggaran yang berasal dari APBD Kabupaten Magetan tahun 2023, rehabilitasi jaringan irigasi krau krau ini menyerap biaya sebesar Rp. 197.310.000,- ( seratus sembilan puluh tujuh juta tiga ratus sepuluh ribu rupiah ) dan dengan rencana pengerjaan selama 90 hari kerja, semoga rehabilitasi bisa dikerjakan tepat waktu," tuturnya.


Lebih lanjut dijelaskan bahwa rehabilitasi jaringan irigasi krau krau ini bertujuan untuk memperbaiki layanan irigasi yang mengairi sawah-sawah sehingga kecukupan akan air bagi pertanian tercukupi.


Ke depannya perlu peran serta dari semua pihak, baik pemerintah daerah maupun warga masyarakat dalam menjaga dan merawat bangunan yang telah diberikan Pemkab Magetan melalui DPUPR Bidang SDA adanya kerja sama yang baik.


"Setelah jaringan irigasi krau krau ini jadi mari kita jaga dan rawat bersama, agar kegunaannya dapat dirasakan baik generasi sekarang maupun yang akan datang," katanya lebih lanjut.


Rehabilitasi jaringan irigasi krau krau ini pun disambut gembira oleh warga masyarakat sekitar, karena mereka tidak perlu kuatir lagi akan kecukupan air bagi lahan pertanian. (ik)

Post a Comment

0 Comments