Dampak Kekeringan dirasakan Masyarakat Sumawe, Perumda tirkan siaga bantuan air bersih

 


Radarmerahputih com - Pasca ditetapkan nya status tanggap darurat bencana kekeringan dan kebakaran ,berdasarkan SK Bupati nomor 188.45/695/KEP/35,07,013/2023 tentang status tanggap darurat karhutlah di Kabupaten Malang yang saat ini masih terjadi kekeringan dibeberapa wilayah Kabupaten Malang.


Salah satu wilayah terdampak kekeringan adalah Sumber manjing wetan dan hal tersebut telah dilaporkan oleh Camat Sumawe pada BPBD Kabupaten Malang bulan september 2023 lalu.


Sedangkan dari Perumda tirkan yang bertugas pada bidang operasi di struktur pos komando darurat bencana kekeringan juga telah memberikan bantuan air melalui truk tangki berlangsung sejak 11 september 2023 pada tiga desa seperti Desa Sumber agung, Desa Kedung banteng dan Desa Sumber manjing wetan.


Mengantisipasi semakin meluasnya wilayah kekeringan di Kecamatan Sumber manjing wetan, dua armada truk tangki Perumda tirta kanjuruhan tetap siaga untuk mensuplay air melalui beberapa tandon yang telah disiapkan pada beberapa Desa.



Saat ini, tidak kurang ada 22 tandon air yang tersebar pada tiga Desa tersebut dan tentunya hal itu dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan air bersih bagi sekitar 900 kepala keluarga wilayah tersebut.


Berdasarkan hasil pantauan serta kordinasi dengan tim BPBD Kabupaten Malang, potensi dampak kekeringan bisa semakin meluas dan berkepanjangan, sehingga diharapkan pihak Perumda tirkan bersiaga untuk menambah armada agar dapat memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di Kecamatan Sumber manjing wetan. (Tim)

Post a Comment

0 Comments