Ketua DPRD Magetan Sujatno Bersama Ribuan Warga Ikut Napak Tilas Parang Magetan.

 



Magetan, radarmerahputih.com – Ketua DPRD Magetan Sujatno bersama Forkopimda dan Ribuan Warga mengikuti Napak Tilas Ngunut - Parang - Magetan yang berjarak kurang lebih 15 km, senin(9/10/2023), untuk Memperingati Hari Jadi Magetan ke-348 yang akan jatuh pada tanggal 12 Oktober 2023.


“Napak tilas ini sebetulnya refleksi ke masa lalu dan seberapa besar kita dalam menjalankan amanah dari para pendahulu kita,”ujar Sujatno disela sela acara napak tilas. Gerak jalan itu untuk mengenang peristiwa sejarah perpindahan pusat pemerintahan kabupaten dari Magetan ke Desa Ngunut Kecamatan Parang akibat agresi militer Belanda tahun 1948.


Perpindahan ini dilakukan guna menghindari kekosongan kekuasaan dan meneruskan perjuangan, Pemerintah Kabupaten Magetan kemudian mengambil langkah strategis dengan memindahkan pusat pemerintahan ke Desa Ngunut, Kecamatan Parang.


Kegiatan napak tilas Ngunut-Parang-Magetan rutin digelar setiap tahun. Masyarakat dapat berpartisipasi sebagai wujud nyata mengenang peristiwa bersejarah sembari berolah raga.” sambil berolah raga kita mengenang perjalanan sejarah Magetan,” ujar Sujatno.


Sujatno juga memberikan bantuan berupa sembako kepada warga masyarakat, yang diserahkan dibeberapa lokasi salah satunya di tempat start jalan sehat.


Hal tersebut dilakukan untuk meringankan beban masyarakat sekitarnya. “Kami memberikan sembako kepada masyarakat meskipun tidak membantu sepenuhnya tapi paling tidak dapat meringankan beban warga,” ujarnya.(ik)

Post a Comment

0 Comments