Luar Biasa, Di Ahkir Tahun Pemkab Madiun Terima Dua Anugerah Penghargaan

 



Madiun,radarmerahputih.com-- Pemerintah Kabupaten Madiun Melaui Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olah Raga (DISPARPORA) Bidang Pengembangan Pariwisata Menorehkan prestasi terkait  pengembangan desa wisata. Desa Kare mendapatkan penghargaan Anugerah Desa wisata Nusantara  terbaik nomor tujuh se-Indonesia. Dalam waktu yang sama Pj. Bupati Madiun Ir.Tontro Pahlawanto menerima penghargaan prestisius Satya Lencana Bhakti dari Kemendes PDTT (Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertingal Dan Transmigrasi di Aruna Hotel Senggigi Lombok pada 24/11/2023 malam.


Kemendes PDTT Republik Indonesia pada tahun 2023 mengadakan kegiatan Anugerah Desa Wisata yang penjaringanya dimulai bulan Juni-November.

Adapun peserta Desa Wisata sebanyak 2007 Desa Wisata se-Nusantara.


Kepala Bidang Pengembangan Wisata Kabupaten Madiun Mokh.Hamzah Nugrohanto saat dikantornya Senin(27/11), menyampaikan bahwa pada awal penjaringan dari 2007 peserta desa wisata se-Nusantara, Desa Kare masuk 45 terbaik, kemudiaan meningkat menjadi 15 terbaik. Pada 10 besar terbaik Desa Kare akhirnya menduduki peringkat ke-7 desa wisata terbaik se-Nusatara dan mendapat Anugerah Desa Wisata. Desa Kare Kecamatan Kare Kabupaten Madiun berhasil menyisihkan dua ribu peserta desa wisata se-Nusantara masuk kategori kedua desa wisata maju dan mandiri. Adapun kategori yang pertama yaitu sangat tertingal atau tertinggal atau berkembang.


Hamzah berharap" dengan diraihnya dua prestasi baik itu Anugerah Desa Wisata maupun Penghargaan Satya Lencana Bhakti semakin bisa mengerakan ekonomi masyarakat melalui pariwisata yang berbasis Community Based Tourism (CBT) yaitu konsep pengelolaan kepariwisataan dengan mengedepankan partisipasi aktip masyarakat /mengelola pariwisatanya sendiri. Dengan demikian pariwisata sebagai alat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dapat berperan aktip dan lebih efisien dalam melaksanakan tugasnya ikut mengerakan ekonomi masyarakat yang berujung pada bertambahnya PAD (pendapatan Asli Daerah)melalui PA-Des" Harapnya.(jnd)

Post a Comment

0 Comments