Bayt Al-Hikmah Selenggarakan Festival Dolanan Yuk Ke 8

 



Pasuruan - radarmerahputih.com- Bayt Al-Hikmah selenggarakan festival Dolanan Yuk ! ke 8. Acara digelar selama 2 hari dan diikuti seluruh pelajar tinggkat SD se Kota maupun Kabupaten Pasuruan, tanggal 20 dan 21 Januari 2024 ( Sabtu dan Minggu ).


" Disetiap Dolanan Yuk kita jelaskan bahwa filosofi dolanan dengan tujuan proses edukasi anak - anak. Jadi dolanan itu proses yang penting dalam pendidikan anak, maka anak-anak jangan sampai jauh dari dolanan, dibalik dolanan itu ada banyak kecerdasan yang diajarkan terutama kecerdasan fisik yang artinya sehat fisik, sehat mental, kecerdasan interpersonal bagaimana cara kerja sama kompak,menjaga ketangguhan, berjuang ", Jelas Kh. M Nailur Rochman (Gus Amak ), selaku Direktur Pendidikan Ponpes Bayt Al-Hikmah, Minggu (21 Januari 2024).


Selain itu dirinya juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu sebagai pembelajaran santri dimana even dolanan ini adalah even sebagai puncak masa tugas OSIS Dan juga ini kegiatan ini diselenggrakan salah satu rangkaian bentuk peringatan Harlah Bayt Al-Hikma ke 13 tahun.


" Jadi, untuk terkait dolanan yuk yang ke 8 ini mengembangkan konsep budaya provinsi yang ada di Indonesia. Setelah tahun lalu kita mengangkat Sumatra Barat dan sekarang kita ambil Sulawesi Selatan. memang kita ingin dari kita untuk mengenal kembali budaya - budaya yang ada di Indonesia, kita juga bisa belajar dari permainan tradisional dari masing - masing daerah ", masih jelas ( Gus Amak )


" Selain itu menurutnya konsep tersebut juga nanti mempengaruhi persembahan saat menggelar seremonial. Pada intinya bagaimana kita mengembalikan kebanggan terhadap Budaya kita , santri - santri bisa belajar dan terlatih untuk mengadakan even besar. Dan ini juga sebagai bentuk persembahan pondok untuk anak - anak khususnya di Pasuruan, sehingga mereka memiliki ruang bermain, memiliki ruang untuk merasakan kembali permainan tradisional ", tambahnya .


Sementara itu, perlu diketahui bersama bahwa event Dolanan Yuk ke 8 ini adalah merupakan event tahunan yang diselenggarakan Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah sejak 2017 lalu mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA. 


" kalau tingkat SD untuk wilayah Kota atau Kabupaten Pasuruan Pasuruan, untuk SMP dan SMA se-Jawa Timur dan itu via online dan jenis lombnya juga berbeda. Ada 1900 peserta, pada hari kedua ini memang yang hadir, hanya yang lolos ke babak perempat semi atau final ", imbuhnya. (Syah)

Post a Comment

0 Comments