Ratusan Warga Yang Tergabung Aliansi ELPAMAS Lurug SIER_ PIER Pasuruan

 


Pasuruan - radarmerahputih.com-Ratusan petani atau masyarakat Desa Selotambak dan Curah Dukuh Kecamatan Kraton yang tergabung Aliansi ELPAMAS ( Elemen Peduli Pasuruan Maslahat ) gelar aksi damai di kawasan SIER_ PIER Pasuruan, Rabu (17 Januari 2024).


" Kami disini melakukan aksi ini tak lain hanya memperjuangkan hak - hak masyarakat di Desa Curah Dukuh dan Selotambak yang  karena lahan mereka diduga direbut oleh oknum orang - orang yang tidak bertanggung jawab ", ucap Kusumu selaku Kordinator ELPAMAS .


Selain itu, Kusuma juga menceritakan bahwa oknum yang tidak bertanggung jawab itu di duga sudah merampas hak - hak masyarakat yang hampir puluhan tahun menempati tanah tersebut untuk bertani.


Dirinya juga mengatakan bahwa tak lain pula dengan tujuan ingin membatalkan transaksi jual beli tanah, yang mana transaksi terjadi disini, agar dikemudian hari tidak ada timbul - timbul kejadian yang tidak kita inginkan. 


" Jadi, lahan itu ada sekitar 120 hertar yang di olah oleh 96 petani, lahan itulah yang di sertifikatkan. Tanah ini sudah bersertivikat yang dilakukan oleh oknum - oknum yang tidak bertanggung jawab ".


" Dari 96 ini sebagian hadir, yang jelas meraka sudah berpuluhan tahun tanah itu di olah oleh masyarakat. Dan Alhamdulillah , tadi Pak Sudarto menjelaskan hari ini tidak ada trasaksi, kedepannya kita akan kawal terus ", tambah Kusuma.


Sementara itu, Sudarto selaku Kepala Divisi SIER_PIER Pasuruan menjelaskan bahwa setelah apa yang sampaikan oleh para perwakilan aksi, sebenarnya kita bisa membedakan mana yang tupoksi SIER berdasarkan transaksi.


" Jadi kami selaku SIER, kami kemarin sudah menginformasikan teman - teman yang ada di SIER Surabaya bahwa dalam proses itu ada masalah sesuai dengan surat permohonan penerbitan SHM yang kemudian direspon oleh teman - teman SIER Surabaya sehingga rencana transaksi dilakukan dihari ini ditunda ". 


" Kalau bahasa kami ditunda sehingga nanti tim dari Surabaya akan bertanya kepada si penjual, ini ada apa kok ada demo. Dan jadi kami tidak mungkin intervensi prosesnya Perusahaan atau Instansi lain. Dan kami disini ini divisi oprasional ", tambah Sudarto. (Syah)

Post a Comment

0 Comments