Desa Dukuh Terpilih Sebagai Wakil Kecamatan Lembeyan Dalam Lomba Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK.

 


Magetan, radarmerahputih.com - Sebagai perwakilan desa terpilih dalam Lomba Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK dan Pembinaan Terpadu PKK Sehat Lestari Berencana tingkat Kecamatan Lembeyan, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Dukuh berhasil menggelar acara dengan baik dan lancar.


Bertempat di balai pertemuan desa setempat, acara digelar dengan sangat lancar yang turut dimeriahkan penampilan Seni Karawitan Cilik Marsudi Budaya SDN Dukuh.


Hadir dalam kegiatan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Magetan, Siti Hergunadi, OPD terkait, Forkopincam Lembeyan, serta Tim Penggerak PKK Desa Dukuh, Lembeyan.


Dalam sambutannya, Siti Hergunadi mengatakan bahwa gerakan pemberdayaan kesejahteraan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan demi terwujudnya keluarga yang sejahtera baik di tingkat perdesaan maupun perkotaan dengan menerapkan 10 program pokok PKK dalam kehidupan sehari-hari.


"Adapun tujuan dari pelaksanaan 10 program pokok PKK adalah memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, dan memiliki kesadaran hukum dan lingkungan," jelasnya.


"Sedang 10 program pokok PKK itu sendiri meliputi Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, 

Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, 

Kelestarian Lingkungan Hidup,Perencanaan Sehat," imbuh Siti Hergunadi pada Senin (19/02/2024).


Setelah dilaksanakan acara pembukaan, dilanjutkan dengan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat desa setempat berupa sembako dan dilanjutkan dengan penilaian kategori yang dilombakan.


Sementara di tempat yang sama, Siti Romlah Romelan, sebagai Ketua TP PKK Desa Dukuh, mengatakan penilaian lomba kali ini meliputi kategori Pokja 1, Pokja 2, Pokja 3 dan Pokja 4.


"Sebenarnya kegiatan kali ini bukan hanya bertujuan karena dilombakan tapi memang kegiatan yang benar-benar ada dan dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Desa Dukuh," jelas Siti Romlah.


Dikatakan Siti Romlah, untuk prioritas program PKK Desa Dukuh adalah peningkatan pemberdayaan manusia khususnya perempuan dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan.


"Jadi Tim PKK lebih banyak memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat khususnya perempuan sehingga bisa meningkatkan perekonomian keluarga," tambahnya.


Di akhir wawancara Ketua TP PKK Desa Dukuh berharap agar kegiatan yang telah dilaksanakan ini bukan hanya untuk lomba saja tetapi terus berkelanjutan demi terciptanya keluarga yang sejahtera. (ik)

Post a Comment

0 Comments