Antusias Warga Kedungwaru Tulungagung Saat Mengikuti Posyandu Balita Setiap Bulannya

 


Tulungagung ,radarmerahputih.com - Kegiatan Posyandu di Desa Kedungwaru Kecamatan Kedungwaru Tulungagung yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali .


Hari ini Rabu tanggal 6 Maret 2024 kegiatan posyandu  dihadiri oleh Kader Posyandu Balita Kedungwaru  , Bidan Puskesmas Pembantu Desa Kedungwaru  Kader Tim Pendamping Keluarga (TPK) ,  serta Ibu dan Balita di Desa Kedungwaru , Adapun dalam kegiatan ini dilaksanakan penimbangan Balita dengan Alat Ukur Antroprometri Kit untuk penimbangan Balita, pengukuran tinggi badan, panjang dan lingkar lengan bayi, serta lingkar kepala bayi, program ini rutin dilaksanakan guna menurunkan angka stunting termasuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Tulungagung  ini .


Lulu Sugiharti  istri Kepala desa Kedungwaru  memaparkan singkat bahwa Kegiatan Posyandu Balita ini dilaksanakan rutin setiap bulan dengan tujuan untuk pemantauan kesehatan balita dan anak. Selain itu, Posyandu Balita juga memiliki banyak manfaat lain yang meliputi : Memberikan beragam informasi mengenai kesehatan ibu dan anak, seperti pemberian ASI, MPASI, dan pencegahan penyakit, Memantau tumbuh kembang anak, sehingga anak terhindar dari risiko kekurangan gizi atau gizi buruk, Mendeteksi sejak dini bila terdapat kelainan pada anak, ibu hamil, dan ibu menyusui, sehingga penanganan dapat segera dilakukan. 



Masih menurut Lulu Sugiharti istri  kepala desa Kedungwaru ini ," Ada beberapa kegiatan yang dilakukan pada kegiatan Posyandu Balita ini antara lain ialah Penimbangan Berat Badan, Pengukuran Tinggi Badan dan Pengukuran Lingkar Kepala balita dan anak. Dalam mencegah terjadinya warga yang males ke posyandu Kader Kedungwaru di masing-masing dusun akan mengunjungi dari  rumah ke rumah  dan sudah juga ada sosialisasi manfaat dari kegiatan Posyandu Balita dalam merangsang semangat ibu-ibu untuk datang ke posyandu. “Dengan adanya pelayanan posyandu yang bagus, lengkap, tepat dan Gratis dapat menambah peserta yang ikut kegiatan Posyandu Balita ini dan kita dapat bersama-sama dalam mencegah terjadinya Stunting khususnya di Desa Kedungwaru ini ” jelasnya .



Salah Satu ibu Balita Peserta Posyandu Balita ini mengungkapkan rasa senangnya dengan dilaksanakannya kegiatan ini yang dimana kegiatan ini sangat membantu ibu – ibu di Kedungwaru  ini dalam menjaga dan memperhatikan Kesehatan Balita mereka, dengan adanya kegiatan rutin ini di Kedungwaru  ini , ibu ibu tidak perlu lagi jauh – jauh ke puskesmas untuk mengecek dan mengontrol Kesehatan balitanya. Dan dengan edukasi dan sosialisasi dari kegiatan Posyandu Balita ini para ibu – ibu jadi lebih paham dan mengerti pada aspek apa dalam perkembangan  balitanya yang harus diberikan perhatian lebih. “Saya harap kegiatan ini terus ada dan di laksanakan secara rutin karena kegiatan ini bagus sekali dan sangat membantu,” Tutupnya.


( Adv/ Anggono )


Post a Comment

0 Comments