LKPJ Anggaran Tahun 2023 diSampaikan Ke DPRD oleh PJ Bupati Nganjuk Saat Paripurna .

 


Nganjuk ,radarmerahputih com - , Bertempat di ruang rapat paripurna,Penjabat Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2023 ke DPRD Kabupaten Nganjuk, Jumat (7/03/2024).

Penyampaian LKPJ ini merupakan kewajiban Kepala Daerah sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pasal 69 ayat (1) yang menyatakan bahwa Kepala Daerah wajib menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada DPRD paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir.


Sri Handoko Taruna dalam keterangan menyampaikan ,"  pertanggungjawaban pada hari ini, menjadi sangat strategis karena merupakan tahun pertama implementasi pelaksanaan periode pembangunan jangka menengah transisi dalam Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Nganjuk tahun 2023-2026." Ucap dia .

Sementara LKPJ yang dilaporan oleh PJ Bupati  Sri Handoko Taruna sendiri memuat berbagai upaya kebijakan yang telah dilaksanakan dalam mendorong pembangunan daerah tahun 2023. Ada beberapa target sasaran pembangunan yang menunjukkan peningkatan, seperti pertumbuhan ekonomi tumbuh 5,40 persen atau 1,08 persen dari target indikator kinerja utama dalam P-RPJMD Kabupaten Nganjuk tahun 2018-2023 yang ditetapkan sebesar 4,00-5,00 Ha.


Faktor pendukung kenaikan tersebut diantaranya pertanian, perikanan dan kehutanan yang mampu menyumbang PDRB sebesar 27,31 persen, perdagangan sebesar 20,33 persen dan industri pengolahan sebesar 15,96 persen sementara lapangan usaha yang memiliki andil terendah adalah pengadaan listrik dan gas sebesar 0,5 persen.


Selanjutnya keberhasilan lainnya adalah dibidang pembangunan yang mengalami peningkatan kualitas hidup masyarakat yaitu berupa indek pembangunan manusia (IPM) tahun 2023 sebesar 74,70 atau 103,81 persen dari target indikator kinerja utama dalam P-RPJMD Kabupaten Nganjuk tahun 2018-2023, yang artinya naik, 0,75 poin dibandingkan capaian tahun 2022.




Dari target pembangunan yang mengalami peningkatan seperti kenaikan IPM Kabupaten Nganjuk lebih tinggi dibanding IPM Nasional sebesar 74,39 dan IPM Jawa Timur sebesar 74,70 dan berada pada urutan 16 di Provinsi Jatim. PJ Bupati  Sri Handoko Taruna menyampaikan apresiasi nya kepada seluruh pihak terkait.


Meski ada beberapa capaian pembangunan yang telah diraih masih belum maksimal, Sri Handoko tetap memberikan penghargaan dan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh instansi yang telah bekerja sama dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan untuk Kabupaten Nganjuk yang lebih maju.


Atas nama Pemerintah Kabupaten Nganjuk, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pimpinan dan Anggota DPRD, unsur Forkopimda, Pimpinan OPD serta seluruh pihak yang telah bersama-sama dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan untuk kemajuan Nganjuk, tutupnya. 


( Adv/ sw ).

Post a Comment

0 Comments