Penyakit DBD Meningkat, Dinkes Magetan: "Lebih Baik Mencegah Dengan Tindakan 5M".

 


MAGETAN, radarmerahputih.com - Kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang semakin meningkat sampai dengan akhir bulan februari mengkuatirkan semua pihak.  


Menurut data yang dirilis Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, tercatat ada 90 kasus kasus penyakit DBD. 


Kepala Dinkes Magetan, dr. Rohmat Hidayat, mengatakan pada bulan Januari lalu, terdapat 47 kasus, sedangkan pada bulan Februari,  meningkat menjadi 43 kasus.


 “Jumlah kasusnya terus mengalami peningkatan,” ujar dr. Rohmat Hidayat.


Data tersebut diperoleh dari laporan pasien yang dirawat di Puskesmas maupun Rumah Sakit Umum Daerah dr. Sayidiman Magetan. Menurutnya untuk mencegah semakin banyaknya korban akibat nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, masyarakat harus lebih waspada terhadap perkembangan biakannya. 


"Penyakit ini disebabkan oleh nyamuk yang telah terinfeksi, jadi akan lebih baik mencegahnya dengan melakukan 5M," tambahnya.


Meskipun kasus DBD terus bertambah, sampai  saat ini belum ada laporan korban jiwa akibat penyakit ini. Pasien-pasien DBD dirawat di Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Sayidiman Magetan.


Rohmat Hidayat terus menghimbau kepada masyarakat untuk turut berperan aktif dalam mencegah penyakit DBD dengan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan menerapkan 5M, karena nyamuk ini puncak perkembangan biakannya di musim penghujan. Dan bagi masyarakat yang mengalami demam di atas 38 derajat Celcius, dihimbau untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan setempat. (ik)

Post a Comment

0 Comments