RSUD dr. Iskak Kembali Terpilih Finalis TOP BUMD Award 2024.

 




Tulungagung, radarmerahputih com - RSUD dr. Iskak Tulungagung kembali terpilih menjadi finalis ajang TOP BUMD Awards 2024. Sebelumnya rumah sakit kebanggaan warga Tulungagung ini menerima bintang 5 berturut-turut di ajang yang sama.


Sebagai rangkaian penilaian ini, Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr. Iskak, dr. Zuhrotul Aini, Sp.A., M.Kes. dan manajemen mengikuti sesi presentasi secara daring, Senin (19/2/2024).


Dalam presentasinya yang berjudul “Sukses Manajemen Rumah Sakit Melalui Kolaborasi Manajemen Corporate dan Manajemen Klinis Menuju Total Quality Manajemen”, dr. Aini memaparkan penerapan manajemen korporasi dan manajemen klinis, serta inovasi yang dilakukan dengan new concept hospital management, transformasi digital RSUD dr. Iskak.


Selain itu juga kolaborasi patient safety dengan pemanfaatan digital tech untuk membangun digital culture di RSUD dr. Iskak serta continous improvement (kaizen) culture di RSUD dr. Iskak.

Sejumlah inovasi yang sukses diciptakan RSUD dr. Iskak adalah:

PSC-119 merupakan layanan gawat darurat medis dan non medis yang terintegrasi dengan POLRES, KODIM, BPBD, Damkar, POL PP Untuk mempercepat respons time penanganan permintaan gawat darurat ,

INSTAGRAM(INSTALASI GAWAT DARURAT MODERN) yakni Pelayanan Kegawatdaruratan yang mengutamakan kecepatan, ketepatan, dan keamanan dengan menggunakan sistem double triage dan zona pelayanan dengan respon time 0 menit SKA (Sindroma Koronari Akut): Penanganan cepat, tepat dan aman untuk pasien dengan penyakit jantung yang terintegrasi antara IGD dan Cathlab 24 jam.


SIMRS (Web Based, EMR):Front Office dan Back Office Pelayanan pasien di Rumah Sakit, Modular, Terintegrasi dengan Pihak Luar RS (BPJS, DUKCAPIL dll),E-Resep, E-SEP, Fingerprint, Efisiensi dan Efektivitas Administrasi Pengelolaan dan Pengolahan data Keuangan dan pasien IGD, Rawat Jalan, Rawat Inap, Penunjang yang terintegrasi, terukur untuk kontrol pelayanan pasien dan pengambilan keputusan secara efektif

Emergency Button (Android App): Mobile app untuk permintaan bantuan kegawatdaruratan, Mudah digunakan, tinggal pencet tombol permintaan bantuan, Pengiriman tim pemberi bantuan lebih cepat, lokasi peminta diketahui lebih tepat

Sistem Informasi Pengelolaan Aset (SIMANSET):Pengelolaan Aset, Pelaporan perbaikan, Monitoring Progress Perbaikan, Kalibrasi, Aset Management, Facilities Management, Complaen dan Reporting. 

Memudahkan Pengelolaan asset Rumah sakit, Perbaikan asset dan Monitoring Progress Perbaikan, koordinasi pelayanan, Kalibrasi alat medis / non medis Eplanning & Ebudgeting: Manajemen perencanaan dan penganggaran secara komprehensif, terukur dan terencana. 


Proses perencanaan kebutuhan dan kegiatan unit, assessment dan review usulan program/kegiatan dan rekapitulasi usulan perencanaan dan penganggaran di rumah sakit. Pengelolaan kegiatan dan kebutuhan anggaran menjadi lebih mudah, terencana dan transparan

Berbagai inovasi tersebut berdampak pada peningkatan kinerja layanan dan bisnis RSUD dr. Iskak. Ini terlihat dari jumlah kunjungan ke rumah sakit sejak 2022-2023 terus meningkat  dari pasien rawat jalan 246.863 pada 2022 menjadi 289.288 pada 2023. Sementara pasien rawat inap dari 26.945 pada 2022 menjadi 35.108 pada 2023.


Sepanjang tahun 2023 RSUD dr. Iskak juga berhasil menorehkan prestasi, di ntaranya; Juara 3 PKRS Award Nasional Kategori Rumah Sakit Daerah, Meraih Golden Trophy Top BUMD Award, Top CEO, Top Pembina BUMD, Meraih Peringkat Indeks Kategori A Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima dari MENPAN RB.


Di akhir presentasi dewan juri yang hadir juga memberikan sanjungan dan terhadap kinerja yang telah dilakukan RSUD dr. Iskak.


“Melalui TOP BUMD Awards 2024 benar-benar membuat kami sebagai instansi rumah sakit umum daerah menjadi terpacu untuk meningkatkan diri. Tentunya kami juga melakukan kolaborasi manajemen klinis dan corporate menuju total quality manajemen. Hal ini dengan mengkolaborasikan kegunaan informasi teknologi (IT) yang modern,” pungkas Aini.

( Adv/ anggono ) 

Post a Comment

0 Comments