Badan Pangan Nasional Bersama Pemkab Magetan, Gelar Bazar Pangan Murah Di Parkiran Pasar Baru.

 


Magetan, radarmerahputih.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Badan Pangan Nasional bersama Pemerintah Kabupaten Magetan mengadakan bazar Gerakan Pangan Murah di halaman parkir pasar baru, Senin (1/4/2024).


Acara ini digelar secara serentak se-Indonesia untuk menstabilisasi pasokan dan harga pangan nasional.


Bersamaan dengan apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan secara virtual bersama Badan Pangan Nasional.


Hadir dalam kegiatan, Pj Bupati Magetan, Hergunadi, Ketua DPRD Sujatno bersama jajaran Forkopimda.


Hergunadi mengajak masyarakat untuk tidak menimbun bahan pangan. Pemerintah juga  memastikan stok kebutuhan pangan akan mencukupi sampai hari raya Idul Fitri. 


“Kebutuhan pokok kita pastikan cukup, masyarakat tidak perlu khawatir,” ungkap Hergunadi.


Dihimbau kepada masyarakat untuk tidak  menimbun bahan makanan, jadi beli secukupnya saja dan pemerintah menjamin tidak akan kekurangan.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Ketahanan Pangan, Saif Muchlissun,menyatakan bahwa Gerakan Pangan Murah ini menyediakan kebutuhan pokok yang diperlukan sehari-hari oleh masyarakat.


“Harga langsung dari distributor, ada beras, minyak goreng, gula pasir, telur ayam, dan kebutuhan pokok lainya,”ujar Saif Muchlissun. 


Dalam agenda Gerakan Pangan Murah kali ini pihaknya berkolaborasi dengan sejumlah distributor serta OPD terkait juga bekerja sama dengan Forum Industri Kecil Menengah (IKM) Magetan.


"Kami kerja sama dengan distributor, Gula pasir dari pabrik gula, beras dari bulog dan makanan khas Magetan, kue kering dari Forum IKM Magetan. Dari Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdaganan juga dari Dinas Koperasi. Mengambilnya juga langsung dari distributor-distributor yang pastinya harganya jauh dari harga pasaran," terangnya lebih lanjut.


Sementara itu Ketua DPRD Magetan, Sujatno mendukung Gerakan Pangan Murah yang digelar Pemkab, karena menurutnya akan sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan.


"Kami sangat mendukung kegiatan kali ini, karena secara langsung dapat membantu masyarakat khususnya Kabupaten Magetan menjelang hari Raya Idhul Fitri, di mana akan menjaga stabilitas harga pangan," kata Sujatno.


Diharapkan Gerakan Pangan Murah ini dapat menjaga stabilitas harga di pasaran, sehingga tidak menimbulkan lonjakan harga dan kepanikan bagi masyarakat. (ik)

Post a Comment

0 Comments