IWPG memperkuat kemitraan perdamaian dengan Uganda dan Pantai Gading selama UN CSW68

 


Radarmerahputih.com - International Women’s Peace Group (IWPG), sebuah LSM yang terakreditasi PBB, dipimpin oleh Ketua Hyun Sook Yoon, berpartisipasi dalam Komisi PBB untuk Status Perempuan (Commission on the Status of Women/ UN CSW) ke-68 yang berlangsung bulan lalu di Markas Besar PBB di New York. Di sana, IWPG bertemu dengan Uganda dan Pantai Gading dan membahas poin-poin khusus kemitraan perdamaian di tingkat kerja.


Pada tanggal 13 Maret, IWPG bertemu dengan Menteri Gender dan Kebudayaan Uganda untuk menyusun peta jalan 5 tahun dan mendiskusikan logistik dan rencana spesifik. Menteri Uganda berjanji untuk bekerja sama dengan secara aktif memasukkan proyek perdamaian IWPG ke dalam rencana nasionalnya.


Pada tanggal 18 Maret, IWPG mengadakan lokakarya dengan pejabat tingkat Kementerian Perempuan, Keluarga, dan Anak Pantai Gading, termasuk Wakil Kepala Staf Menteri, untuk menyusun rencana aksi nasional. Dengan Pantai Gading, IWPG juga menetapkan peta jalan nasional berdurasi 5 tahun dan membahas jalur kerjasama tertentu. Pantai Gading juga setuju untuk mencerminkan inisiatif perdamaian IWPG dalam rencana nasional mereka.


Sudan berjanji akan bekerja sama dengan IWPG untuk CSW tahun depan. IWPG bertemu dengan Sekretaris Utama dan mempromosikan Deklarasi Perdamaian dan Penghentian Perang (Declaration of Peace and Cessation of War/ DPCW), mendesak menteri dan Misi PBB mendukung deklarasi ini sehingga dapat disahkan di PBB sebagai hukum internasional.


Selanjutnya, IWPG mengunjungi 88 Misi Tetap PBB dan bertemu dengan 123 pejabat tinggi termasuk menteri, duta besar, dan anggota komite ketiga. Melalui hal ini, IWPG dapat mempromosikan inisiatif perdamaiannya, termasuk DPCW, International Loving-Peace Art Competition, dan Pendidikan Pelatihan Pengajar Perdamaian (Peace Lecturer Training Education/ PLTE).


IWPG juga mengadakan Acara Paralel LSM pada tanggal 18 Maret di Church Center PBB, yang berlokasi di depan Markas Besar PBB, dengan tema “Solidaritas Perempuan: Mitigasi Ketimpangan Gender melalui Perdamaian.” Acara ini merupakan kesempatan untuk merenungkan korelasi antara perdamaian dan kesetaraan gender serta peran penting solidaritas perempuan dalam mencapai hal ini. IWPG telah menjadi tuan rumah Acara Paralel LSM di UN CSW selama tiga tahun berturut-turut, menjadikannya sebagai organisasi perempuan yang benar-benar internasional.


IWPG memandang solidaritas perempuan di seluruh dunia sebagai elemen penting untuk mencapai kesetaraan gender dan akan terus berupaya mencapai perdamaian dan keamanan berkelanjutan serta memperluas partisipasi perempuan dalam proses perdamaian. Sekretaris Jenderal IWPG Na Hyung Jun, pemimpin delegasi tahun ini, berkata, “IWPG akan terus memantapkan dirinya sebagai organisasi internasional untuk perdamaian dengan menindaklanjuti komitmennya dengan pemerintah pusat dan LSM.


CSW adalah komite fungsional di bawah Komite Ekonomi dan Sosial (Economic and Social Committee/ ECOSOC) PBB, yang mengumpulkan pemerintah nasional dan organisasi serta lembaga internasional/non-pemerintah yang relevan setiap tahun untuk berbagi kebijakan tentang pemberdayaan perempuan dan perlindungan hak-hak perempuan serta menemukan cara efektif untuk menerapkan pengukuran kesetaraan gender. Tema tahun ini pada acara ke-68 ini adalah “Mempercepat pencapaian kesetaraan gender dan pemberdayaan seluruh perempuan dan anak perempuan dengan mengatasi kemiskinan dan memperkuat kelembagaan serta pembiayaan yang berperspektif gender.”



Gambar 1. Pada tanggal 13 Maret, International Women’s Peace Group (IWPG) bertemu dengan pejabat Uganda di Misi Permanen Republik Uganda untuk PBB untuk berkomitmen pada kemitraan perdamaian. (Dari kiri ke kanan: Namuddu Hadijah, Program Officer UN Women Uganda; Susana Magdalena Flores, Manajer IWPG Cabang San Francisco; Soo Jeong Lee, Direktur Regional Wilayah Global 12; Mutuuzo Peace Regis, Menteri Negara Urusan Gender dan Kebudayaan ; Dong Eun Choi, Direktur Jenderal Kantor Pusat Departemen Perencanaan Strategis; Aggrey David Kibenge, Sekretaris Tetap Kementerian Gender, Perburuhan, dan Pembangunan Sosial Pantai Gading; dan Lydia Kim, Direktur Jenderal Kantor Pusat Departemen Internasional Urusan dan Departemen Interpretasi dan Penerjemahan.



Gambar 2. Pada tanggal 13 Maret, delegasi IWPG dan pejabat Uganda mendiskusikan langkah-langkah untuk memperkuat kemitraan perdamaian di Misi Tetap Uganda untuk PBB.



Gambar 3. Pada tanggal 18 Maret, IWPG dan Kementerian Perempuan, Keluarga dan Anak Pantai Gading berkumpul di Misi Permanen Pantai Gading untuk PBB untuk menghadiri lokakarya guna membahas rencana nasional khusus terkait perdamaian di tingkat tempat kerja. Barry, Wakil Kepala Staf Kementerian Perempuan, Keluarga dan Anak Pantai Gading (ketiga dari kiri), Jong Lim Hong, Direktur Regional Wilayah Global 7 (keempat dari kiri) dan pejabat dari kedua partai mengambil foto foto kenangan bersama.



Gambar 4. Pada tanggal 18 Maret, IWPG mengadakan Acara Paralel LSM dengan tema “Solidaritas Perempuan: Mitigasi Ketimpangan Gender melalui Perdamaian” di CCUN, dan semua peserta mengambil foto kenang-kenangan bersama.

( Rdks/Julie) 

Post a Comment

0 Comments