Anggota PPK Pilkada Diingatkan Untuk Bekerja Profesional

 


Radarmerahputih.com Tanggamus,Usai pelantikan dan pengambilan sumpah janji 100 Anggota Panitia Penyelenggara Pemilu (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mengikuti orientasi di Royal Hotel Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus, Lampung, Kamis (16/5/2024).


Dalam orientasi yang diikuti sebanyak 100 anggota PPK tersebut, mendengarkan penyampaian materi dari Polres Tanggamus yang disampaikan oleh Kasatreskrim Iptu Muhammad Jihad Fajar Balman, Ketua Bawaslu Tanggamus Najih Mustofa dan dari Kejari Tanggamus yang disampaikan oleh Kasi BB, Desmi.


Dalam wawancara diwaktu jeda orientasi, Kasatreskrim Polres Tanggamus Iptu Muhammad Jihad Fajar Balman mengungkapkan, dalam materi yang diberikan kepada anggota PPK pihaknya menekankan untuk menjalankan tugas dengan baik. 


Sehingga para anggota PPK tidak keluar jalur dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pemilu di Pilkada 2024.


"Untuk kasus yang sebelumnya itu bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua. Kami meminta kepada anggota PPK yang baru diambil sumpah dan janji lebih profesional dalam menjalankan tugasnya," kata Iptu Muhammad Jihad mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser.


Selain itu, lanjut Iptu Muhammad Jihad Fajar Balman, dirinya juga mengingatkan untuk menguatkan mental dalam setiap tahapan di Pilkada 2024 yang akan datang.


"Tadi kita juga menyampaikan kepada teman-teman PPK agar nantinya bisa menjalankan tugas secara profesional dan menyiapkan mental agar tetap menjalankan tugas dengan profesional," pungkasnya.


Ia juga menegaskan, Satreskrim Polres 

Tanggamus akan selalu terbuka untuk menerima laporan yang ada dalam gelaran Pilkada 2024. Hal itu karena, Satreskrim Polres Tanggamus merupakan bagian dari sentra Gakkumdu yang ada di Kabupaten Tanggamus.


"Kami telah menjalin sinergitas yang baik dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanggamus dan Bawaslu Tanggamus dalam sentra Gakkumdu, sebab kami ini masuk dalam sentra Gakkumdu juga, jadi silahkan laporkan jika ada sesuatu yang melanggar," tegasnya.


Sementara Ketua Bawaslu Tanggamus Najih Mustofa berharap, agar para anggota PPK yang baru dilantik, bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dalam Pilkada 2024 yang akan datang. Sehingga, jalannya Pilkada 2024 dapat menghasilkan pemimpin yang baik di tingkat provinsi maupun kabupaten atau kota.


"Kami juga turut mengimbau kepada kawan-kawan PPK ini bisa menjalin sinergitas yang harmonis dengan kawan-kawan Panwascam nantinya. Dengan sinergitas yang baik, dapat menghasil pemimpin yang dapat memajukan Provinsi Lampung dan juga Kabupaten Tanggamus," ujarnya.


Menyinggung permasalahan pada Pemilu 2024 lalu, Najih mengaku sangat berempati dengan kejadian tersebut. Hal itu karena, terdapat residu-residu yang kurang baik dalam gelaran Pemilu 2024 yang lalu.


"Untuk mencegah hal serupa terjadi di Pilkada 2024, Bawaslu Tanggamus berkomitmen dengan KPU Tanggamus untuk meningkatkan kolaborasi dalam gelaran Pilkada 2024. Jadi nanti kami akan berkolaborasi lebih intensif lagi dengan kawan-kawan KPU untuk memberikan arahan serta instrumen sehingga bisa menegakkan integritas sesama penyelenggara Pemilu," tegasnya.


Najih mengaku, kejadian yang terjadi pada Pemilu 2024 lalu tersebut terjadi secara natural. Karena hal tersebut memang tergantung dari masing-masing individu yang menjadi penyelenggara dalam Pemilu.


"Bawaslu dan KPU Tanggamus akan selalu berkomitmen untuk bisa bersinergi dengan teman-teman ad hoc baik itu PPK maupun Panwascam. Hal ini dilakukan, agar kejadian kurang menyenangkan di Pemilu 2024 lalu tidak kembali terjadi di Pilkada 2024. 


Sehingga penyelenggaraan Pilkada 2024 di Kabupaten Tanggamus dapat berjalan dengan baik dan sukses," tutupnya.


( Husni Munir )

Post a Comment

0 Comments