Dua Ribu Lebih Penari Tampil Dalam Tari Massal Peringati Hardiknas.

 


Magetan, radaremerahputih.com - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Kabupaten Magetan menggelar tari massal di Alun-alun Magetan pada Sabtu (25/05/2024).


Tari massal yang melibatkan sebanyak 2024 siswa siswi mulai dari tingkat dasar (SD) hingga tingkat menengah (SMP) menyuguhkan beragam tari tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia sebagai wujud keanekaragaman budaya.


Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magetan, Suwata mengatakan bahwa tari massal ini merupakan sebagian dari rangkaian kegiatan dalam memperingati Hardiknas.


"Tari massal ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam memperingati Hardiknas, di mana sebelumnya telah dilakukan upacara serentak di seluruh instansi pendidikan," tuturnya.


Lebih lanjut Suwata menjelaskan, tari massal ini dimaknai implementasi dari kurikulum merdeka di mana di dalamnya ada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).


"Tadi ditampilkan Tari Nusantara dengan mengenakan 38 pakaian adat Indonesia yang mencerminkan bahwa Indonesia memiliki keberagaman suku, adat dan budaya," imbuh Suwata.


Diharapkan Suwata ini merupakan best practice dari segi kesenian dan budaya yang menyandingkan ekstra kurikuler di sekolah dan kurikulum merdeka.


Di tempat yang sama, Pj Bupati Magetan, Hergunadi mengapresiasi kegiatan tari ini yang mendidik anak-anak untuk bisa bekerja sama, mampu berkolaborasi dengan baik dalam kegiatan bersama.


"Ini bisa mendidik anak-anak berjiwa inklusif, bisa menerima berbagai masukkan, menerima perbedaan yang merupakan ciri khas Bangsa Indonesia," kata Hergunadi.


Hergunadi berharap kegiatan seperti ini bisa diagendakan untuk ke depannya dengan kerjasama antara OPD terkait agar bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Magetan. (ik)


Post a Comment

0 Comments