Kirab Hasil Bumi , meriahkan Nyadran Kelurahan Kramat

 


Nganjuk , radarmerahputih.com - ratusan masyarakat kelurahan Kramat Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk Jawa timur khususnya masyarakat lingkungan Kramat , mengikuti proses kirab hasil bumi dalam rangka bersih desa atau nyadran tahun ini , Jum'at pahing ( 10/05/2024);.


Kirab hasil bumi tersebut bertitik fokus atau start di depan kantor kelurahan Kramat menuju ke punden atau makam Ki ageng Kramat .


Kirab atau arak arakan hasil bumi tersebut berupa puluhan jenis sayuran yang tersusun rapi menjulang keatas  seperti gunung , puluhan jenis hasil polowijo juga tersusun rapi menjulang keatas seperti gunung juga tumpeng raksasa juga masyarakat yang ikut dalam korban tersebut dengan membawa hasil panennya digendong menuju ke makam Ki ageng Kramat . 


Mereka yang ikut dalam barisan kirab semua memakai pakaian adat Jawa , semua nampak dengan hati senang , karena satu tahun mereka menunggu acara seperti ini bisa dilaksanakan yaitu pada saat nyadran .


Sebelum peserta kirab diberangkatkan , Suhadi selaku kepala kelurahan Kramat menyampaikan ," ucapan puji syukur kepada yang Maha Kuasa , karena pada pagi ini kita bisa berkumpul disini dan bisa melaksanakan bersih desa dengan lancar ," ucap laki laki nomor satu di kelurahan Kramat ini .


" Nyadran ini merupakan salah satu wujud syukur kita kepada yang maha kuasa , karena semua usaha juga apa yang kita harapkan bisa terlaksana , selama setahun kita terus berusaha dan berupaya untuk kesuksesan kita sendiri ," lanjutnya .


Sebelum berangkat, doa bersama agar perjalanan menuju ke makam Ki ageng Kramat bisa berjalan lancar , do a dipimpin oleh Yudi salah satu warga lingkungan RT / RW 01/01 Kramat .



Sekedar info bahwa rangkaian dari kegiatan bersih desa atau nyadran diantaranya : Hari  Kamis ( 09/05) tepat jam 06.00 hingga selesai khataman Al Qur'an di pendopo ki Ageng Kramat, pada hari kamis juga dihalaman pendopo Ki Ageng Kramat  pengajian umum dengan menghadirkan KH Fuat Abdul Karim dari Kediri , dan pada hari Jum'at pahing ( 10/05) di halaman kelurahan Kramat menuju pendopo Ki Ageng Kramat pada pukul 07.00 hingga selesai dilaksanakan kirab hasil bumi sekaligus tasyakuran , dan pada pukul 09.00 hingga selesai di pendopo Ki Ageng Kramat pagelaran wayang krucil.dengan dalang Ki Khondo Brodiyanto dari Kediri , dan esoknya tepatnya hari Sabtu pon ( 10/05)  dihalaman pendopo Ki Ageng Kramat dengan hiburan elekton "RSP Musica" dari Kediri .


Erna salah satu warga RT 01 RW 02 mengatakan ," kegiatan seperti ini i menunggunya satu tahun sekali. Dan ini sungguh sangat sakral sekali , selain kita bisa merasa senang juga dengan nyadran ini merupakan tradisi orang Jawa , nguri uri budaya Jawa ," ungkap Erna kepada media ini . 


Semoga dengan cara nyadran kita bisa mengambil makna dan hikmahnya ...amiinn


Editor : redaksi 

Post a Comment

0 Comments