Konsultasi Publik Persiapan Pembangunan SPAM Diyeng

 


Setelah pembangunan SPAM Kaligoro yang bertujuan untuk mengatasi kekeringan wilayah malang selatan, kususnya wilayah kecamatan sumber manjing wetan dan kecamatan Gedangan.


Pemerintah kabupaten Malang melalui Perumda Tirta Kanjuruhan kembali akan menerima bantuan pembangunan SPAM dengan memanfaatkan sumber dieng yang berada di wilayah Desa Sukorejo kecamatan Gondang Legi.


Dengan debit air yang di manfaatkan 240 liter/ detik, sumber dieng akan di rencanakan untuk melayani di empat kecamatan yang rawan air yakni Pagak, Donomulyo, Bantur dan Kalipare dengan potensi calon pelanggan 23.900 Sr yang akan di realisasikan tahun 2025.


Untuk dapat merealisasikan pembangunan SPAM dieng diperlukan 11 tandon yang akan menghubungkan jaringan pipa untuk mengalirkan air secara estafet dari titik sumber.


Lokasi tandon SPAM dieng direncanakan berada di Desa rejoyoso , Karang suko, Karang sari kecamatan Bantur, Desa Sumber rejo, Pagak, Sempol kecamatan pagak serta Desa Donomulyo, Sumber roto kecamatan Donomulyo,Desa Putukrejo dan Tumpak Rejo kecamatan Kalipare.


Adapun setelah dilakukan pengecekan lokasi yang di rencanakan, Perumda Tirta Kanjuruhan di dampingi Dinas pertanahan kabupaten Malang menyelenggarakan konsultasi publik mulai 13 hingga 16 Mei 2024.


Hal itu bertujuan mengidentifikasi lahan yang di peruntukan untuk mendukung pembangunan SPAM dieng bisa tertib dalam hal dokumen kepemilikan lahan, menyamakan persepsi terkait proses pengadaan tanah untuk kepentingan umum.


Dan setiap lokasi pelaksanaan konsultasi publik, dihadiri  Camat, Kades, pemilik tanah, perwakilan OPD diantaranya Bappeda ,DPKPCK , PU SDA, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Bagian Hukum dan Dinas Pertanahan. 

(Tim)

Post a Comment

0 Comments